RPP K-13 : SENI BUDAYA SMK/SMA (MATERI : SENI RUPA 3 DIMENSI)




_________________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK Bustanul Yatama
Mata Pelajaran          : Seni Budaya
Kelas /Semester          : X/Ganjil
Tahun Pelajaran         :
Materi Pokok              : Seni Rupa
Alokasi Waktu            : 4JP (2 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan karya seni rupa tiga dimensi.
2.   Menjelaskan jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi
3.   Menentukan tema pada karya seni rupa tiga dimensi
4.   Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
5.   Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
6.   Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
7.   Membuat karya seni rupa tiga dimensi dengan melihar model

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2.   Memahami  karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya
3.2.1        Menjelaskan karya seni rupa tiga dimensi.
3.2.2        Menjelaskan jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi
3.2.3        Menentukan tema pada karya seni rupa tiga dimensi
3.2.4        Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
3.2.5        Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
4.2     Membuat karya seni rupa tiga dimensi dengan melihat model
4.2.1        Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
4.2.2        Membuat karya seni rupa tiga dimensi dengan melihar model


C.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta
karya seni rupa tiga dimensi
(sumber : caradasar.com)
 
2.      Konsep
Menjelaskan karya seni rupa tiga dimensi.
Menjelaskan jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi
Menentukan tema pada karya seni rupa tiga dimensi
Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
3.      Prinsip
Memahami  karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya
4.      Prosedur
Membuat karya seni rupa tiga dimensi dengan melihat model

D.     Metode Pembelajaran
  Pendekatan                 :  Scientific Learning
  Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.     Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

F.      Sumber Belajar
1.      Buku teks pelajaran yang relevan
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran seni budaya kelas  XJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran seni budaya kelas  X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.      Modul/bahan ajar,
5.      internet,
6.      Sumber lain yang relevan

E.   Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Pengertian seni rupa tiga dimensi
Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
  Karya apa saja yang termasuk kedalam seni rupa tiga dimensi?
  Sebutkan ciri karya seni yang berbentuk 3 dimensi?
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Aktivitas
  Peserta didik diminta mengklarifikasi karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan jenis da tema
  Peserta didik diminta menganalisisberbagaijenis karya seni rupa tiga dimensi
  Peserta didik diminta menganalisis berbagai tema yang terkandung pada karya seni rupa tiga dimensi
  Peserta didik diminta mempersentasikan hasil analisisnya di depan kelas
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
  Pengertian seni rupa tiga dimensi
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa tiga dimensi
  Jenis-jenis kaarya seni rupa tiga dimensi
  Menentukan serta memahami tema pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuatkarya seni rupa tiga dimensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
Mengidentifikasi bahan dalam membuatkarya seni rupa tiga dimensi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
v  Aktivitas
  Peserta didik diminta mengklarifikasi karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan nilai estetisnya
  Peserta didikdiminta membuatkarya seni rupa tiga dimensi dengan melihat modelseperti benda mati, benda hidup, dan foto/gambar
  Peserta didik diminta bereksplorasi dengan berbagai media  dan teknik pada karya seni rupa tiga dimensi
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
  Peserta didik diminta konsep hasil eksplorasi berkarya tiga dimensi dengan berbagai media dan teknik
v  Saling tukar informasi tentang  :
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
  Memahami nilai estetis pada karya seni rupa tiga dimensi
  Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa tiga dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara
  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
  Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk,
2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
3.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  Menjelaskankonsepsenirupa tiga dimensi yang sedangberkembang
b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  Konsep dasar wirausaha




Mengetahui,
Kepala SMK Bustanul Yatama




( Murdani, S.Sos.I )


Tumpeun,                          20
Guru Mapel




( Sirnawatu, A.Ma )

 ________________________________________________________________________
FILENYE DOWNLOAD DISINI
_________________________________________________________________________