RPP K-13 SEJARAH INDONESIA (MATERI : Perburuan Mutiara dari Timur)



RPP K-13 SEJARAH INDONESIA

SMA/SMK



_________________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan              : SMK Negeri 2 Lhokseumawe
Mata Pelajaran                    : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester                     : XI / I
Materi Pokok/Topik           : Perburuan Mutiara dari Timur
Alokasi Waktu                     :  90 Menit/2 JP (1 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti  
1.         Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
2.1. Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.
3.1. Menganalisis perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasikan kemerdekaan.
4.1. Mengolah informasi tentang peristiwa sejarah pada masa penjajahan bangsa Barat berdasarkan konsep perubahan dan keberlanjutan, dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah

C.    Indikator
3.1.1    menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia
3.1.2    menjelaskan jalur pelayaran dan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
3.1.3    menganalisis mengapa Nusantara yang kaya dan begitu indah itu dapat dikuasai oleh bangsa asing
4.1.1    menyusun karya tulis sejarah yang berjudul �Kepulauan Nusantara bagaikan Mutiara dari Timur�

D.    Materi Pembelajaran
1. Memahami Motivasi, Nafsu, dan Kejayaan Barat
Di dalam sejarah bangsa-bangsa di dunia dikenal adanya masa penjelajahan samudra. Aktivitas penjelajahan samudra ini dalam rangka untuk menemukan dunia baru. Aktivitas penemuan dunia baru ini tidak terlepas dari motivasi dan keinginannya untuk survive, memenuhi kepuasan dan kejayaan dalam kehidupan di dunia. Bahkan bukan sekedar motivasi, tetapi juga muncul nafsu untuk menguasai dunia baru itu demi memperoleh keuntungan ekonomi dan kejayaan politik. Pertanyaannya adalah daerah mana yang dimaksud dunia baru itu? Yang dimaksud dunia baru waktu itu pada mulanya adalah wilayah atau bagian dunia yang ada di sebelah timur (timurnya Eropa) sebagai penghasil bahan-bahan yang sangat diperlukan dan digemari oleh bangsabangsa Eropa. Bahan-bahan yang dimaksudkan itu adalah rempah-rempah seperti cengkih, lada, pala, dan lain-lain.
Orang-orang Eropa berusaha sekuat tenaga untuk menemukan daerah penghasil rempah-rempah. Rempah-rempah ini menjadi komoditas perdagangan yang sangat laris di Eropa. Daerah yang menghasilkan rempah-rempah itu tidak lain adalah Kepulauan Nusantara. Orang-orang Eropa menyebut daerah itu dengan nama Hindia. Bagaikan �memburu mutiara dari timur�, orang-orang Eropa berusaha datang ke Kepulauan Nusantara untuk mendapatkan rempah-rempah. Namun dalam konteks penemuan dunia baru itu kemudian tidak hanya Kepulauan Nusantara saja tetapi juga daerah-daerah lain yang ditemukan orang-orang Eropa pada periode penjelajahan samudra, misalnya Amerika, dan daerah-daerah lain di Asia.
2. Menganalisis Petualangan, Penjelajahan dan Penemuan Dunia Baru
Bertahun-tahun lamanya Laut Tengah menjadi pusat perdagangan internasional antara para pedagang dari Barat dan Timur. Salah satu komoditinya adalah rempah-rempah. Para pedagang dari Barat atau orang-orang Eropa itu mendapatkan rempah-rempah dengan harga lebih terjangkau. Setelah jatuhnya Konstantinopel tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, akses bangsa-bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah yang lebih murah di kawasan Laut Tengah menjadi tertutup. Harga rempah-rempah melambung sangat tinggi di pasar Eropa. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari dan menemukan daerah-daerah penghasil rempah-rempah ke timur. Mulailah periode petualangan, penjelajahan, dan penemuan dunia baru. Upaya tersebut mendapat dukungan dan partisipasi dari pemerintah dan para ilmuwan. Portugis dan Spanyol dapat dikatakan sebagai pelopor petualangan, pelayaran dan penjelajahan samudra untuk menemukan dunia baru di timur. Portugis juga telah menjadi pembuka jalan menemukan Kepulauan Nusantara sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Kemudian menyusul Belanda dan Inggris. Tujuannya tidak semata-mata mencari keuntungan melalui perdagangan rempah-rempah tetapi ada tujuan yang lebih luas.
Tujuan mereka terkait dengan :
         gold: memburu kekayaan dan keuntungan dengan mencari dan mengumpulkan emas, perak dan bahan tambang serta bahan-bahan lain yang sangat berharga. Waktu itu yang dituju terutama Guinea dan rempah-rempah dari Timur
         glory: memburu kejayaan, superioritas, dan kekuasaan. Dalam kaitan ini mereka saling bersaing dan ingin berkuasa di dunia baru yang ditemukannya.
         gospel: menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama. Pada mulanya orang-orang Eropa ingin mencari dan bertemu Prester John yang mereka yakini sebagai Raja Kristen yang berkuasa di Timur

E.     Metode Pembelajaran
Model             : diskusi kelompok
Pendekatan     : scientific, dengan langkah-langkah: mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

F.    Media, alat dan sumber belajar
1.   Alat/Bahan          : Laptop, LCD Monitor
2.   Sumber Belajar    : Buku Sejarah Indonesia Kelas XI (Kemendikbud), serta buku-buku yang relevan

G.    Langkah-langkah  Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
         Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa
         Guru mempersiapkan kelas  lebih kondusif dan siap belajar untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan)
       Guru menyampaikan topik tentang �Perburuan Mutiara dari Timur� dan kompetensi yang akan dicapai.
       Guru membagi kelas menjadi delapan kelompok peserta didik (kelompok I, II, III, IV, V, VI), masing-masing kelompok sekitar 4 � 5 orang

Inti


Mengamati
           Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar tersebut.

Menanya
         Guru mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan gambar-gambar tersebut.
         Guru kembali menegaskan topik pembelajaran yang akan dibahas.
         Guru menegaskan model pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan model diskusi kelompok

Mengasosiasi
         Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, sehingga menemukan rumusan jawaban dari masing-masing tugas yang diberikan:
      1.            Kelompok 1 dan 2 bertugas mendiskusikan dan merumuskan materi tentang latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia.
      2.            Kelompok 3 dan 4 berdiskusi dan merumuskan tentang tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia.
      3.            Kelompok 5 dan 6 mendiskusikan dan merumuskan tentang beberapa faktor yang menyebabkan Nusantara yang kaya dan indah terpaksa jatuh menjadi kekuasaan bangsa asing.

Mengkomunikasikan:
         Presentasi hasil masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu presentasi kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.

Penutup
       Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang �Perburuan Mutiara dari Timur�.
       Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh      setelah belajar tentang topik pembelajaran�Perburuan Mutiara dari Timur
       Guru melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Tugas:
1. Bagaimana kondisi Eropa Barat setelah jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453?
2. Apa tujuan orang-orang Barat datang ke Indonesia?
3. Bagaimana proses kedatangan Belanda ke Indonesia?

H. Penilaian
1.  Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian                        : Observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen       : Lembar penilaian observasi
2.   Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian                     : Tes terulis/tugas rumah
3.   Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian                     : Observasi/Lembar Observasi





Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Lhokseumawe




Husaini Is, S.Pd. MM
Nip. 19711110 199801 1 001

Lhokseumawe,                    2017

Guru Mapel,





Nursani, S.Pd
NIP. 19820405 200904 2 006

______________________________________________________________________
FILENYA DOWNLOAD DISINI
______________________________________________________________________