RPP K-13 : MATEMATIKA SMA/SMK (MATERI : RELASI DAN FUNGSI)



_______________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah          :  ----------------------
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas / Semester       : X / 1 ( satu )
Jumlah Pertemuan     : 3 x Pertemuan
Alokasi Waktu           : 12 x 45 menit
Topik  / Judul             : Relasi dan fungsi

A.       STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksaan kuadrat.

B.       KOMPETENSI DASAR
Memahami konsep relasi dan fungsi

C.       INDIKATOR  PENCAPAIAN  KOMPETENSI

1.              Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen dan logaritma
2.              Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.              Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
4.              Menemukan konsep relasi
5.              Membedakan  beberapa sifat � sifat relasi
6.              Mengidentifikasi  relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan fungsi
7.              Menemukan konsep fungsi
8.              Menentukan daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil suatu fungsi
9.              Menerapkan daerah asal dan hasil suatu fungsi dalam menyelesaikan masalah nyata

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran relasi dan fungsi  ini  diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
1.         Menemukan konsep relasi
2.         Menentukan diagram Venn
3.         Menentukan himpunan pasangan berurutan
4.         Menentukan diagram kartesius
5.         Membedakan  beberapa sifat � sifat relasi
6.         Mengidentifikasi  relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan fungsi
7.         Menemukan konsep fungsi
8.         Menentukan daerah asal dari fungsi
9.         Menentukan daerah kawan dari fungsi
10.      Menentukan daerah hasil dari fungsi
11.      Terampil menerapkan daerah asal dan hasil suatu fungsi dalam menyelesaikan masalah

E.        MATERI  AJAR
1.         Relasi
2.         Fungsi
(sumber : www.mahirmatematika.com)
F.        MODEL  / MATERI PEMBELAJARAN

1.       Model Pembelajaran                         :  ( problem � based learning )
2.       Pendekatan Pembelajaran                :  Pendekatan saintifik ( scientific ).
3.        Metode pembelajaran                      :  STAD ( Student  Achievement Divisions )

G.       LANGKAH � LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1 ( 4 x 45 menit )
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Melakukan pembukaan dengan salam  pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
2.       Memeriksa  kehadiran peserta didik  sebagai sikap disiplin..
3.       Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu cara  menemukan konsep dan sifat relasi
4.       Melakukan apersepsi  dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa  ke materi yang akan dipelajari.
10 menit
Kegiatan Inti
1.         Siswa melakukan pengamatan untuk mempelajari  materi cara menemukan konsep dan sifat relasi yang terdapat pada buku paket /  pegangan siswa


2.         Siswa diarahkan untuk mempelajari cara  menemukan konsep dan sifat relasi   pada sumber lain yang relevan.
3.         Guru meminta siswa untuk menuliskan informasi yang terdapat dari masalah tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri
4.         Siswa diberi kesempatan untuk  mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi cara menemukan konsep dan sifat relasi
5.         Siswa diarahkan untuk mengajukan  pertanyaan tentang hal �hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari.
6.         Guru membuka cakrawala penerapan  cara menemukan konsep dan sifat relasi
7.         Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5 siswa.
8.         Tiap kelompok mendapat tugas untuk menyelesaikan cara menemukan konsep dan sifat relasi yang terdapat pada lembar kerja siswa yang dibagikan oleh guru.
9.         Guru meminta siswa untuk mendiskusikan materi yang telah diberikan
10.      Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
11.      Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
12.      Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
13.      Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai hasil reviu cara menemukan konsep dan sifat relasi  berdasarkan  presentasi salah satu kelompok.
14.      Guru memberikan 2 ( dua ) soal yang berkaitan dengan cara menemukan konsep dan sifat relasi Selanjutnya dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan ke dua soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat.
15.      13. Guru memberikan  4 ( empat ) soal yang terkait dengan materi yang dipelajari  dengan menggunakan strategi yang tepat. Tiap siswa.
155 menit
Penutup
1.    Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana cara menemukan konsep dan sifat relasi
2.    Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai materi yang telah diberikan yang terdapat pada buku paket siswa.
3.    Menimformasikan kegiatan untuk pertemuan berikutnya
4.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
   15 menit



H   ALAT / MEDIA / SUMBER PEMBELAJARAN

1.         Penggaris, jangka dan Lembar Kerja Siswa ( LKS )
2.         Lembar Penilaian  atau buku nilai
3.         Bahan tayangan / LCD
4.         Buku matematika SMK Kelas X Kurikulum 2013

I   PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.       Teknik penilaian :  pengamatan dan tes tertulis
2.       Prosedur penilaian ;

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran cara menemukan konsep dan sifat relasi
b.       Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali Mengenai  cara menemukan konsep dan sifat relasi
b.       Menyatakan  kembali konsep pemecahan masalah

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan materi ajar.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi












I.          INSTRUMEN PENILAIAN
Tes tertulis
NO
URAIAN SOAL
SKOR

1

Tentukanlah daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari relasi berikut.

a.   

1.       .
2.       .
3.       .
4.       .
5.        
 

a.       .
b.      .
c.       .
d.      .
e.       
 
 











b.    Relasi pasangan berurutan ; { ( Yaska, Nora ), ( Riwanti, Pasaribu ), (Felix, Dahniar )}


1








2
Sekumpulan anak yang terdiri atas 5 orang yaitu ( Margono, Marsius, Maradona, Marisa, Martohap ) Berturut � turut berusia 6, 7, 9, 10 dan 11 tahun. Pasangkanlah usia masing � masing anak pada bilangan prima yang kurang dari 15. Apakah semua anak dapat dipasangkan? Tentukanlah daerah asal, daerah kawan dan daerah hasilnya !
2
3
Diberikan himpunan A = { 1, 2, 3, 4, 5 }   dan himpunan B = { 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 11, 12 }.  Nyatakanlah relasi A terhadap B dengan relasi berikut.
a.          Anggota himpunan A dipasangkan dengan anggota  himpunan B dengan relasi B = A + 1
b.          Anggota himpunan A dipasangkan dengan anggota himpunan B dengan relasi B = 2A + 2
Kemudian periksa apakah relasi yang terbentuk adalah fungsi atau tidak.


2

2

4

Jika siswa di relasikan dengan tanggal kelahirannya. Apakah relasi tersebut merupakan fungsi? Berikan penjelasannya

2

Keterangan :
Nikai  = 



LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran                          : Matematika
Kelas/Semester                         : X / 1 ( satu )
Tahun Pelajaran             : 2013 / 2014
Waktu Pengamatan                    : Pada Proses Pembelajaran

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran cara menemukan konsep dan sifat relasi
  1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran cara menemukan konsep dan sifat relasi
  2. Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
  3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
  1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
  2. Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
  3. Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.       Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.       Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda   v   pada ko lom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










dst










Keterangan:
 KB        =   Kurang baik       
 B          =  Baik        
 SB        =   Sangat baik

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas/Semester             : X / 1 ( satu )
Tahun Pelajaran : 2013   /  2014
Waktu Pengamatan        :

Indikator terampil menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan  cara menemukan konsep dan sifat relasi
1.       Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan  cara menemukan konsep dan sifat relasi
2.       Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan  materi ajar.
3.       Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan  materi ajar  dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda  v  pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1




2




3




4




dst




Keterangan:
KT        : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil




Pertemuan 2 ( 4 x 45 menit )
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Melakukan pembukaan dengan salam  pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
2.    Memeriksa  kehadiran peserta didik  sebagai sikap disiplin..
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah
4.    Melakukan apersepsi  dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa  ke materi yang akan dipelajari.
10 menit
Kegiatan Inti
1.         Siswa melakukan pengamatan untuk mempelajari  materi cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah yang terdapat pada buku paket / pegangan siswa.
2.         Siswa diarahkan untuk mempelajari cara  menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah  pada sumber lain yang relevan.
3.         Guru meminta siswa untuk menuliskan informasi yang terdapat dari masalah tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri
4.         Siswa diberi kesempatan untuk  mengajukan pertanyaan yang terkait dengan  materi cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah
5.         Siswa diarahkan untuk mengajukan  pertanyaan tentang hal �hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari.
6.         Guru membuka cakrawala mengenai cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah  
7.         Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5  siswa.
8.         Tiap kelompok mendapat tugas untuk menyelesaikan cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah  yang berupa lembar kerja siswa yang dibagikan.
9.         Guru meminta siswa untuk mendiskusikan materi yang telah diberikan
10.      Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
11.      Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
12.      Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
13.      Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai hasil reviu cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah  berdasarkan  presentasi salah satu kelompok.
14.      Guru memberikan 2 ( dua ) soal yang berkaitan dengan cara  menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah . Selanjutnya dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan ke dua soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat.
15.      Guru memberikan  5 ( lima ) soal yang terkait dengan materi yang dipelajari  dengan menggunakan strategi yang tepat. Tiap siswa.
155 menit
Penutup
1.         Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah
2.         Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai materi yang telah diberikan yang terdapat pada buku paket siswa.
3.         Menimformasikan kegiatan untuk pertemuan berikutnya
4.         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
   15 menit

H   ALAT / MEDIA / SUMBER PEMBELAJARAN

1.         Penggaris, jangka dan Lembar Kerja Siswa ( LKS )
2.         Lembar Penilaian  atau buku nilai
3.         Bahan tayangan / LCD
4.         Buku matematika SMK Kelas X Kurikulum 2013

I   PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.       Teknik penilaian :  pengamatan dan tes tertulis
2.       Prosedur penilaian ;
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran  cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah 
b.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.    Menjelaskan kembali Mengenai   cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah 
b.    Menyatakan  kembali konsep pemecahan masalah

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.    Terampil menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan materi ajar.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

J.  INSTRUMEN PENILAIAN
Tes tertulis
NO
URAIAN SOAL
SKOR
1


Perhatikan gambar disamping dan tentukan himpunan dari :
a.    Daerah asal
b.    Daerah kawan
c.    Daerah hasil

 

6.       .
7.       .
8.       .
9.       .
10.    
 

a.       .
b.      .
c.       .
d.      .
 
 
 










                                     
                                                    
1,5

2
Jika  f (x) = , maka untuk x2  1
Tentukanlah f(x).
2
3
Jika y =  , tentukanlah x sebagai fungsi dari y, kemudian tentukanlah syarat rumus fungsi tersebut agar determinasi untuk setiap x, y merupakan bilangan real
2
4
Diketahui fungsi f dengan rumus f =     .  Tentukan daerah asal fungsi f agar memiliki pasangan di anggota himpunan bilangan real.
2

5

Diketahui f(2x � 3) = 4x � 7, maka nilai dari f(17) � f (7)  adalah ........

2

Keterangan :
Nikai  = 





























LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran                          : Matematika
Kelas/Semester                         : X / 1 ( satu )
Tahun Pelajaran             : 2013 / 2014
Waktu Pengamatan                    : Pada Proses Pembelajaran

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah 
  1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah 
  2. Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
  3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
  1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
  2. Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
  3. Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.       Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.       Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda   v   pada ko lom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










dst










Keterangan:
 KB        =   Kurang baik       
 B          =  Baik         
 SB        =   Sangat baik



LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas/Semester             : X / 1 ( satu )
Tahun Pelajaran : 2013   /  2014
Waktu Pengamatan        : Pada Proses Pembelajaran

Indikator terampil menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan  cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah 
  1. Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan cara menemukan konsep fungsi dan penerapannya untuk menentukan daerah asal dan daerah hasil dalam menyelesaikan masalah 
  2. Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan  materi ajar.
  3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan  materi ajar  dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda  v  pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1




2




3




4




dst





Keterangan:
KT        : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil


Mengetahui,                                                                              Lhokseumawe,           Agustus  ----------
Kepala -------------------------------------                                                Guru mata diklat


-----------------------------                                                                   ---------------------
Nip : 19711110199801001                                                          Nip : 196812312005041008
__________________________________________________________________________
FILENYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI
__________________________________________________________________________