RPP K-13 : SENI BUDAYA SMK/SMA (MATERI : SENI RUPA 2 DIMENSI)


RPP SENI BUDAYA

SMP

SMA/SMK
__________________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK Bustanul Yatama
Mata Pelajaran          : Seni Budaya
Kelas /Semester          : X/Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Materi Pokok              : Seni Rupa
Alokasi Waktu                        : 4 JP (2 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
2.   Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
3.   Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
4.   Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
5.   Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
6.   Membuat sketsadariobyekmahlukhidupdanbendamati

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.   Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
3.1.1        Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
3.1.2        Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
3.1.3        Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
3.1.4        Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
4.1     Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai bahan dan teknik dengan melihat model
4.1.1        Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
4.1.2        Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati

C.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta
Contoh karya seni rupa 2 dimensi dapat kita temukan pada beberapa produk atau benda, di antaranya antara lain lukisan, foto, poster, banner, desain produk, karikatur, kaligrafi, mozaik, dan logo.
2.      Konsep
Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua dimensi
3.      Prinsip
Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
4.      Prosedur
Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai bahan dan teknik dengan melihat model
Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati

D.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.     MediaPembelajaran
1.      Gambar

F.      Sumber Belajar
1.      Buku teks pelajaran yang relevan
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran seni budaya kelas  XJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran seni budaya kelas  X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.      Sumber lain yang relevan

G.     Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



15
m
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Pengertian seni ruapa
Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
(sumber : theinsidemag.com)

dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
  Apa yang dimaksud dengan seni?
  Sebutkan ciri karya seni yang berbentuk 2 dimensi?
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Aktivitas
  Peserta didik diminta menganalisisberbagai jenis karya seni rupa dua dimensi dan menyebutkan unsur yang terkandung dalam karya seni rupa tersebut.
  Peserta didik diminta mempersentasikan hasil analisisnya di depan kelas
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
  Kualiltas instrumental
60
m
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
m







2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
  Pengertian seni ruapa
  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Prisnsip seni rupa dua dimensi
Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Aktivitas
  Peserta didikdiminta membuat karya seni rupa dua dimensi dengan melihat model, benda mati atau hidup dan foto atau gambar.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
  Peserta didik diminta mendiskusikan berbagai teknik dalam membuat karya seni rupa dua dimensi dan mengkaitkannya dengan unsur seni rupa (titik, garis,bidang, bentuk, ruang, warna dan tekstur)
v  Saling tukar informasi tentang  :
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
  Prisnsip seni rupa dua dimensi
  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara�
  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
  Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk,
2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
3.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  Menjelaskan konsep senirupa dua dimensi yang sedang berkembang
b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  Konsep dasar seni rupa




Mengetahui,
Kepala SMK Bustanul Yatama




( Murdani, S.Sos.I )

Tumpeun,                          20
Guru Mapel




( Sirnawati, A.Ma )

___________________________________________________________________
FILENYA BISA DI DOWNLOAD DISINI
___________________________________________________________________