Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Kepala Dan Pengawas Madrasah

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No : B-1753/Dj.I/Dt.I.Ii/Pp.00/08/2020 Tertanggal 27 Agustus 2020 Yang Di Sahkan Oleh Direktur Guru Dan Tenaga Kependidikan Madrasah Suyitno, Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Dan Kualitas Guru Dan Tenaga Kependidikan Madrasah Melalui Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala Dan Pengawas Madrasah, dengan ini kami sampaikan petunjuk teknis pelaksanaan asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas adrasah sebagaimana terlampir.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kami mohon kepada Saudara untuk melaksanakan beberapa hal sebagai berikut:

Melaksanakan sosialiasi kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan madrasah di wilayah binaan masing-masing untuk melakukan persiapan atas pelaksanaan asesmen kompetensi bagi guru, kepala dan pengawas madrasah yang akan dilaksanakan pada bulan November 2020;2.Petunjuk teknis ini menjadi pedoman bagi tim penyusun, reviewer dan pihak lain yang terkait dalam menyusun perangkat pembelajaran berupa paket soal dalam pelaksanaan asesmen kompetensi bagi guru, kepala dan pengawas madrasah tahun 2020.



RUANG LINGKUP MATERI ASESMEN

1. Ruang Lingkup Materi Asesmen Kompetensi Guru adalah sebagai berikut:

a) Asesmen Kompetensi Guru MI

i. Kompetensi Pedagogik

Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik diintegrasikan dengan materi literasi, numerasi, dan sains.

ii. Kompetensi Profesional

Materi kompetensi profesional pada AKG guru MI meliputi materi Literasi, Numerasi, dan Sains.

b) Asesmen Kompetensi Guru MTs/MA

i. Kompetensi Pedagogik

Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi pedagogik diintegrasikan dengan materi kompetensi profesional (mata pelajaran).

ii. Kompetensi Profesional

Materi kompetensi profesional pada AKG guru MTs/MA integrasi dari :

(1) standar kompetensi profesional guru sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2017,

(2) standar isi sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, Permendikbud

Nomor 36 Tahun 2018, Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

(3) standar kompetensi lulusan sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016.

c) Asesmen Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling MTs/MA

i. Kompetensi Pedagogik

Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi  Pedagogik dapat berdiri sendiri atau diintegrasikan dengan proses bimbingan dan konseling.

ii. Kompetensi Profesional

Materi kompetensi profesional pada AKG guru Bimbingan dan Konseling MTs/MA adalah Standar kompetensi konselor yang diatur dalam Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008.

2. Materi Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah adalah:

a) Kepemimpinan Madrasah

b) Kepemimpinan Pembelajaran

c) Manajerial

d) Supervisi

e) Kewirausahaan

3. Materi Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah adalah:

a) Supervisi Akademik

b) Supervisi Manajerial

c) Evaluasi Pendidikan

d) Penelitian dan Pengembangan

E.RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN

1. Asesmen Kompetensi Guru MI

a) Komposisi Soal

Komposisi soal AKG guru MI meliputi; (1) Pedagogik, Literasi, Numerasi, dan Sains. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit. Komposisi soal adalah:

Pedagogik       : 15 butir

Literasi            : 15 butir

Numerasi         : 15 butir

Sains                : 15 butir

Jumlah             : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran materi Literasi, Numerasi, atau Sains, sehingga menyusun soal Literasi, Numerasi, dan Sains sebaiknya dipilih dosen yang memahami pedagogik.

b) Jumlah Soal

Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:

Pedagogik       : 15 butir x 4 paket = 60 butir

Literasi            : 15 butir x 4 paket = 60 butir

Numerasi         : 15 butir x 4 paket = 60 butir

Sains               : 15 butir x 4 paket = 60 butir

Jumlah             : 60 butir x 4 paket = 240 butir

c) Penyusun Soal

Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan penyusun soal sebanyak:

Pedagogik       : disusun oleh penyusun soal literasi, numerasi, sains

Literasi            : 1 orang

Numerasi         : 1 orang

Sains               : 1 orang

2. Asesmen Kompetensi Guru MTs

Sasaran AKG Guru MTs hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Fisika & Biologi), dan Bimbingan dan Konseling.

a) Komposisi Soal

Komposisi soal AKG guru MTs meliputi; Pedagogik dan Profesional.

Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:

Pedagogik                   : 20 butir

Profesional                  : 40 butir

Jumlah                         : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk bimbingan dan Konseling), sehingga penyusun soal kompetensi profesional dipilih dosen yang memahami pedagogik.

b) Jumlah Soal

Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:

Pedagogik       : 20 butir x 3 paket x 6 mapel = 360 butir

Profesional      : 40 butir x 3 paket x 6 mapel = 720 butir

Jumlah              : 60 butir x 3 paket x 6 mapel = 1.080 butir

c) Penyusun Soal

Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan penyusun soal sebanayak:

Pedagogik : disusun oleh penyusun soal kompetensi profesional.

Profesional : 6 orang

3. Asesmen Kompetensi Guru MA

Sasaran AKG Guru MA hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Bimbingan dan Konseling.

a) Komposisi Soal

Komposisi soal AKG guru MA meliputi; Pedagogik, Profesional. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:

Pedagogik       : 20 butir

Profesional      : 40 butir

Jumlah             : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk bimbingan dan Konseling), sehingga penyusun soal kompetensi profesional dipilih dosen yang memahami pedagogik.

b) Jumlah Soal

Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:

Pedagogik                   : 20 butir x 3 paket x 8 mapel = 480 butir

Profesiona                   : 40 butir x 3 paket x 8 mapel = 960 butir

Jumlah                         = 1.440 butir

c) Penyusun Soal

Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan penyusun soal sebanyak:

Pedagogik                   : disusun oleh penyusun soal kompetensi profesional.

Profesional                  : 8 orang

4. Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah

a) Materi

Materi Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah meliputi Kompetensi:

1) Kepemimpinan Madrasah

2) Kepemimpinan Pembelajaran

3) Manajerial

4) Supervisi

5) Kewirausahaan

b) Komposisi Soal

Komposisi soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah adalah:

1) Kepemimpinan Madrasah                          : 12 butir

2) Kepemimpinan Pembelajaran                     : 12 butir

3) Manajerial                                                  : 12 butir

4) Supervisi                                                     : 12 butir

5) Kewirausahaan                                           : 12 butir

Jumlah                                                             : 60 butir

c) Jumlah Soal

Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:

1) Kepemimpinan Madrasah              : 12 butir x 3 paket = 36 butir

2) Kepemimpinan Pembelajaran         : 12 butir x 3 paket = 36 butir

3) Manajerial                                      : 12 butir x 3 paket = 36 butir

4) Supervisi                                         : 12 butir x 3 paket = 36 butir

5) Kewirausahaan                               : 12 butir x 3 paket = 36 butir

Jumlah                                                 : 60 butir x 3 paket = 180 butir

d) Penyusun Soal

Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan penyusun soal sebanyak:

1) Kepemimpinan Madrasah dan Manajerial : 1 orang

2) Kepemimpinan Pembelajaran dan Supervisi : 1 orang

3) Kewirausahaan : 1 orang

5. Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah

a) Materi

Materi Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah meliputi Kompetensi:

1) Supervisi Akademik

2) Supervisi Manajerial

3) Evaluasi Pendidikan

4) Penelitian dan Pengembangan

b) Komposisi Soal

Komposisi soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah adalah:

1) Supervisi Akademik : 15 butir

2) Supervisi Manajerial : 15 butir

3) Evaluasi Pendidikan : 15 butir

4) Penelitian dan Pengembangan : 15 butir

Jumlah : 60 butir

c) Jumlah Soal

Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:

1) Supervisi Akademik                       : 15 butir x 3 paket = 45 butir

2) Supervisi Manajerial                      : 15 butir x 3 paket = 45 butir

3) Evaluasi Pendidikan                       : 15 butir x 3 paket = 45 butir

4) Penelitian dan Pengembangan        : 15 butir x 3 paket = 45 butir

Jumlah                                                 : 60 butir x 3 paket = 180 butir

d) Penyusun Soal

Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan

penyusun soal sebanyak:

1) Supervisi Akademik : 1 orang

2) Supervisi Manajerial : 1 orang

3) Evaluasi Pendidikan : 1 orang

4) Penelitian dan Pengembangan : 1 orang


Trimakasih semoga bermanfaat,............