Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kami mohon kepada Saudara untuk melaksanakan beberapa hal sebagai berikut:
Melaksanakan sosialiasi kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan madrasah di wilayah binaan masing-masing untuk melakukan persiapan atas pelaksanaan asesmen kompetensi bagi guru, kepala dan pengawas madrasah yang akan dilaksanakan pada bulan November 2020;2.Petunjuk teknis ini menjadi pedoman bagi tim penyusun, reviewer dan pihak lain yang terkait dalam menyusun perangkat pembelajaran berupa paket soal dalam pelaksanaan asesmen kompetensi bagi guru, kepala dan pengawas madrasah tahun 2020.
RUANG LINGKUP MATERI ASESMEN
1. Ruang Lingkup Materi Asesmen Kompetensi Guru adalah sebagai berikut:
a) Asesmen Kompetensi Guru MI
i. Kompetensi Pedagogik
Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik diintegrasikan dengan materi literasi, numerasi, dan sains.
ii. Kompetensi Profesional
Materi kompetensi profesional pada AKG guru MI meliputi materi Literasi, Numerasi, dan Sains.
b) Asesmen Kompetensi Guru MTs/MA
i. Kompetensi Pedagogik
Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi pedagogik diintegrasikan dengan materi kompetensi profesional (mata pelajaran).
ii. Kompetensi Profesional
Materi kompetensi profesional pada AKG guru MTs/MA integrasi dari :
(1) standar kompetensi profesional guru sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2017,
(2) standar isi sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, Permendikbud
Nomor 36 Tahun 2018, Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018
(3) standar kompetensi lulusan sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016.
c) Asesmen Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling MTs/MA
i. Kompetensi Pedagogik
Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik dapat berdiri sendiri atau diintegrasikan dengan proses bimbingan dan konseling.
ii. Kompetensi Profesional
Materi kompetensi profesional pada AKG guru Bimbingan dan Konseling MTs/MA adalah Standar kompetensi konselor yang diatur dalam Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008.
2. Materi Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah adalah:
a) Kepemimpinan Madrasah
b) Kepemimpinan Pembelajaran
c) Manajerial
d) Supervisi
e) Kewirausahaan
3. Materi Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah adalah:
a) Supervisi Akademik
b) Supervisi Manajerial
c) Evaluasi Pendidikan
d) Penelitian dan Pengembangan
E.RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN
1. Asesmen Kompetensi Guru MI
a) Komposisi Soal
Komposisi soal AKG guru MI meliputi; (1) Pedagogik, Literasi, Numerasi, dan Sains. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit. Komposisi soal adalah:
Pedagogik : 15 butir
Literasi : 15 butir
Numerasi : 15 butir
Sains : 15 butir
Jumlah : 60 butir
Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran materi Literasi, Numerasi, atau Sains, sehingga menyusun soal Literasi, Numerasi, dan Sains sebaiknya dipilih dosen yang memahami pedagogik.
b) Jumlah Soal
Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:
Pedagogik : 15 butir x 4 paket = 60 butir
Literasi : 15 butir x 4 paket = 60 butir
Numerasi : 15 butir x 4 paket = 60 butir
Sains : 15 butir x 4 paket = 60 butir
Jumlah : 60 butir x 4 paket = 240 butir
c) Penyusun Soal
Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan penyusun soal sebanyak:
Pedagogik : disusun oleh penyusun soal literasi, numerasi, sains
Literasi : 1 orang
Numerasi : 1 orang
Sains : 1 orang
2. Asesmen Kompetensi Guru MTs
Sasaran AKG Guru MTs hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Fisika & Biologi), dan Bimbingan dan Konseling.
a) Komposisi Soal
Komposisi soal AKG guru MTs meliputi; Pedagogik dan Profesional.
Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.
Komposisi soal adalah:
Pedagogik : 20 butir
Profesional : 40 butir
Jumlah : 60 butir
Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk bimbingan dan Konseling), sehingga penyusun soal kompetensi profesional dipilih dosen yang memahami pedagogik.
b) Jumlah Soal
Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:
Pedagogik : 20 butir x 3 paket x 6 mapel = 360 butir
Profesional : 40 butir x 3 paket x 6 mapel = 720 butir
Jumlah : 60 butir x 3 paket x 6 mapel = 1.080 butir
c) Penyusun Soal
Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan penyusun soal sebanayak:
Pedagogik : disusun oleh penyusun soal kompetensi profesional.
Profesional : 6 orang
3. Asesmen Kompetensi Guru MA
Sasaran AKG Guru MA hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Bimbingan dan Konseling.
a) Komposisi Soal
Komposisi soal AKG guru MA meliputi; Pedagogik, Profesional. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.
Komposisi soal adalah:
Pedagogik : 20 butir
Profesional : 40 butir
Jumlah : 60 butir
Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk bimbingan dan Konseling), sehingga penyusun soal kompetensi profesional dipilih dosen yang memahami pedagogik.
b) Jumlah Soal
Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:
Pedagogik : 20 butir x 3 paket x 8 mapel = 480 butir
Profesiona : 40 butir x 3 paket x 8 mapel = 960 butir
Jumlah = 1.440 butir
c) Penyusun Soal
Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan penyusun soal sebanyak:
Pedagogik : disusun oleh penyusun soal kompetensi profesional.
Profesional : 8 orang
4. Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah
a) Materi
Materi Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah meliputi Kompetensi:
1) Kepemimpinan Madrasah
2) Kepemimpinan Pembelajaran
3) Manajerial
4) Supervisi
5) Kewirausahaan
b) Komposisi Soal
Komposisi soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah adalah:
1) Kepemimpinan Madrasah : 12 butir
2) Kepemimpinan Pembelajaran : 12 butir
3) Manajerial : 12 butir
4) Supervisi : 12 butir
5) Kewirausahaan : 12 butir
Jumlah : 60 butir
c) Jumlah Soal
Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:
1) Kepemimpinan Madrasah : 12 butir x 3 paket = 36 butir
2) Kepemimpinan Pembelajaran : 12 butir x 3 paket = 36 butir
3) Manajerial : 12 butir x 3 paket = 36 butir
4) Supervisi : 12 butir x 3 paket = 36 butir
5) Kewirausahaan : 12 butir x 3 paket = 36 butir
Jumlah : 60 butir x 3 paket = 180 butir
d) Penyusun Soal
Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan penyusun soal sebanyak:
1) Kepemimpinan Madrasah dan Manajerial : 1 orang
2) Kepemimpinan Pembelajaran dan Supervisi : 1 orang
3) Kewirausahaan : 1 orang
5. Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah
a) Materi
Materi Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah meliputi Kompetensi:
1) Supervisi Akademik
2) Supervisi Manajerial
3) Evaluasi Pendidikan
4) Penelitian dan Pengembangan
b) Komposisi Soal
Komposisi soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah adalah:
1) Supervisi Akademik : 15 butir
2) Supervisi Manajerial : 15 butir
3) Evaluasi Pendidikan : 15 butir
4) Penelitian dan Pengembangan : 15 butir
Jumlah : 60 butir
c) Jumlah Soal
Untuk mendapatkan jumlah soal yang memadai dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi diperlukan bank soal, dengan jumlah sebagai berikut:
1) Supervisi Akademik : 15 butir x 3 paket = 45 butir
2) Supervisi Manajerial : 15 butir x 3 paket = 45 butir
3) Evaluasi Pendidikan : 15 butir x 3 paket = 45 butir
4) Penelitian dan Pengembangan : 15 butir x 3 paket = 45 butir
Jumlah : 60 butir x 3 paket = 180 butir
d) Penyusun Soal
Untuk memenuhi ketersediaan bank soal tersebut diperlukan
penyusun soal sebanyak:
1) Supervisi Akademik : 1 orang
2) Supervisi Manajerial : 1 orang
3) Evaluasi Pendidikan : 1 orang
4) Penelitian dan Pengembangan : 1 orang
Trimakasih semoga bermanfaat,............