Lingkup Dunia Penddidikan : Mata pelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kepercayaan diri siswa sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan membina dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berkomunikasi yang diperlukan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja. Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar siswa mampu mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal lingkup materi yang saling berhubungan dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis) siswa. Kompetensi sikap secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis). Kumpulan RPP ini disusun dengan format dan penyajian/penyusunan yang sederhana dan mudah dipahami sehingga dapat dikembangkan, dikreasikan, dimodifikasikan oleh para guru. Penyederhanaan format RPP ini diharapkan agar para guru tidak lagi disibukkan dengan pekerjaan administratif dan lebih fokus pada pembelajaran peserta didik. Akan tetapi perlu diingat, kumpulan RPP di sini bukanlah RPP yang paling baku, paling baik atau paling benar, melainkan hanya sebagai contoh dan pengembangannya kembali diserahkan kepada guru masing-masing.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis serta terampil mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis dengan kreatif selama proses pembelajaran dan percaya diri, serta pantang menyerah
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan Melalui media WA Grup kelas
Kegiatan Inti
REVIEW RPP DARING BAHASA INDONESIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis serta terampil mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis dengan kreatif selama proses pembelajaran dan percaya diri, serta pantang menyerah
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan Melalui media WA Grup kelas
- Guru menyapa peserta didik dengan ucapan salam
- Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran
- Peserta didik merespons pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya
- Peserta didik menyimak informasi dari guru tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik merespons secara aktif informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari termasuk metode dan media, langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran
Kegiatan Inti
- Peserta didik menyimak sebuah contoh teks eksplanasi fenomena alam dan fenomena sosial.
- Guru menampilkan kembali power point mengenai penjelasan teks eksplanasi.
- Peserta didik mengindetifikasi informasi yang ada dalam contoh teks tersebut.
- Guru memberikan apresiasi sebagai umpan balik.
- Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan urutan kejadian dari masing � masing teks.
- Peristiwa apa yang dibahas pada kedua teks tersebut?
- Bagaimana struktur (pembuka, isi, penutup) teks tersebut?
- Sebutkan konjungsinya!
- Sebutkan kata keterangan waktunya!
- Sebutkan kalimat � kalimat yang berisi data dan fakta!
6. Peserta didik mengemukakan pendapatnya, dan guru mengapresiasi
7. Guru memberikan tantangan secara mandiri kepada peserta didik untuk menceritakan sejarah
7. Guru memberikan tantangan secara mandiri kepada peserta didik untuk menceritakan sejarah
dirinya sendiri sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan dan diserahkan sebagai lampiran
ke e-mail guru.
Kegiatan Penutup
- Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari .
- Guru bersama peserta didik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan seperti berikut : a. Bagaimana kesan pembelajaran hari ini? b. Apa manfaat pembelajaran hari ini?
- Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang aktif dan memberi motivasi untuk yang lainnya.
- Guru memberikan penguatan kepada peserta didik untuk tetap semangat dan mengikuti pembelajaran.
- Guru mengajak peserta didik berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
- Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
C. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
- Pengetahuan : Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh berupa lembar penilain dapat dilihat di email grup sekolah (microsoft teams)
- Keterampilan Bukti hasil penugasan mandiri berupa lampiran email yang memuat produk karya peserta didik berupa, teks/ video/ mind mapping/ poster. Produk berupa karya peserta didik dinilai berdasarkan kriteria berikut ini: a. Isi menarik dan mengandung keteladanan bagi pembaca (skor 0 - 20) b. Struktur teks eksplanasi (skor 0 - 30) � teks terdiri dari pembuka beberapa peristiwa, penutup c. Kebahasaan (skor 0 - 50) terbagi atas, � Terdapat konjungsi temporal, kausalitas ( 0 - 10) � Terdapat kata keterangan waktu (0 - 10) � Terdapat kalimat penguat yang berisi data dan fakta (0 - 10) � Kebahasaan sesuai dengan PUEBI (0 - 20) Jumlah nilai maksimal 100
- Sikap Keaktifan partisipasi peserta didik pada saat tanya jawab dan saat mengerjakan kuis online pada tautan
- Remedial Dilakukan sebanyak dua kali dan apabila setelah dua kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis.
- Pengayaan Peserta didik yang mencapai nilai >KKM diberikan pengetahuan tambahan dalam cakupan KD atau menjadi tutor bagi peserta didik yang belum mencapai KKM.
semoga bermanfaat ......(untuk dowload file silahkan klik tulisan warna biru)