RPP SENI BUDAYA
SMP
SMA/SMK
_____________________________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Bustanul Yatama
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas /Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran :
Materi Pokok : Seni Musik
Alokasi Waktu : 4JP (2 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat.
2. Menjelaskan alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat
3. Menyajikanhasil analisis alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya pada masyarakat pendukungnya
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.2. Menganalisis alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya pada masyarakat pendukungnya | 3 3.1 3.2 3.2.1 Menjelaskan alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat. 3.2.2 Menjelaskanalat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat |
4.2 Mempresentasikan hasil analisis alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya pada masyarakat pendukungnya | 4.2.1 Menyajikanhasil analisis alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya pada masyarakat pendukungnya |
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta
�Alat musik tradisional merupakan seni hiburan di masyarakat
2. Konsep
�Menjelaskan alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat.
� Menjelaskanalat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat
3. Prinsip
� Menganalisis alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya pada masyarakat pendukungnya
4. Prosedur
� Mempresentasikan hasil analisis alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya pada masyarakat pendukungnya
� Menyajikanhasil analisis alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya pada masyarakat pendukungnya
D. Metode Pembelajaran
� Pendekatan : Scientific Learning
� Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. Media Pembelajaran
1. Gambar
F. Sumber Belajar
1. Buku teks pelajaran yang relevan
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran seni budaya kelas XJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran seni budaya kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4. Sumber lain yang relevan
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, � Menjelaskan fungsi alat musik dalam karya musik tradisional � Jenis-jenis music tradisional � Memahami Teknik memainkan alat musik tradisional v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang : � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : � mengapa seni music bisa digunakan pada berbagai macam ritual? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Aktivitas � Peserta didik diminta mengamati jenis alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat melalui media audio/audiovisual v Mempraktikan v Mendiskusikan v Saling tukar informasi tentang : � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat |
| 60 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, � Alat musik tradisional dalam seni ritual di masyarakat v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang : � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : � apa saja jenis hiburan yang menggunakan alat music tradisional | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat v Aktivitas � Peserta didik diminta mengamati jenis alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat melalui media audio/audiovisual v Mempraktikan v Mendiskusikan � Peserta didik diminta mendiskusikan perbedaan musik dalam seni ritual dan seni hiburan di masyarakat � peserta didik diminta mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas v Saling tukar informasi tentang : � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat � Perbedaan musik dalam seni ritual dan seni hiburan di masyarakat v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : � Alat musik tradisional dalam seni hiburan di masyarakat |
| 60 menit |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara�
� Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
� Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
� Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
� Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
� Menjelaskan instrument music tradisional
� Perkembangan seni music hingga sampai saat ini
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
� Konsep dasar seni musilk
� Pengertian music tradisional secara lisan
� Pengertian music tradisional bersifat informal
Mengetahui, Kepala SMK Bustanul Yatama
( Murdani, S.Sos.I )
|
| Tumpeun, 20 Guru Mapel
( Sirnawatu, A.Ma )
|
______________________________________________________________________
______________________________________________________________________