RPP K-13 SEJARAH INDONESIA
SMA/SMK
__________________________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 2 Lhokseumawe
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : XI / I
Materi Pokok/Topik : Perkembangan Kolonialisme Inggris Di
Indonesia
Alokasi Waktu : 90 Menit/2 JP (1 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1.Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan Nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia
2.1. mengembangkan nilai dan prilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
3.2. menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat (Portugis, Belanda dan Inggris) di Indonesia
3.2.1. menganalisis prinsif-prinsif Raffles dalam memerintah
3.2.2. menganalisis usaha-usaha Raffles dalam menjalankan pemerintahannya
3.3.3. menganalisis tentang kebijakan Raffles tentang Land rent
4.2. mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
4.2.1. menyajikan dalam bentuk laporan tertulis tentang perkembangan kolonialisme Inggris di Indonesia
C. Indikator
3.2.1. menganalisis prinsif-prinsif Raffles dalam memerintah
3.2.2. menganalisis usaha-usaha Raffles dalam menjalankan pemerintahannya
3.3.3. menganalisis tentang kebijakan Raffles tentang Land rent
4.2.1. menyajikan dalam bentuk laporan tertulis tentang perkembangan kolonialisme Inggris di Indonesia
D. Materi Pembelajaran
1. Prinsip-prinsip Raffles dalam memerintah
Tanggal 18 September 1811 adalah tanggal dimulainya kekuasaan Inggris di Hindia. Gubernur Jenderal Lord Minto secara resmi mengangkat Raffles sebagai penguasanya. Pusat pemerintahan Inggris berkedudukan di Batavia. Sebagai penguasa di Hindia, Raffles mulai melakukan langkah-langkah untuk memperkuat kedudukan Inggris di tanah jajahan.
Dalam rangka menjalankan pemerintahannya, Raffles berpegang pada tiga prinsip. Pertama, segala bentuk kerja rodi dan penyerahan wajib dihapus, diganti penanaman bebas oleh rakyat. Kedua, peranan para bupati sebagai pemungut pajak dihapuskan dan para bupati dimasukkan sebagai bagian pemerintah kolonial. Ketiga, atas dasar pandangan bahwa tanah itu milik pemerintah, maka rakyat penggarap dianggap sebagai penyewa.
2. Usaha-usaha Raffles dalam menjalankan pemerintahnnya
Dalam menjalankan tugas di Hindia, Raffles didampingi oleh para penasihat yang terdiri atas: Gillespie, Mutinghe, dan Crassen. Secara geopolitik, Jawa dibagi menjadi 16 karesidenan. Selanjutnya untuk memperkuat kedudukan dan mempertahankan keberlangsungan kekuasaan Inggris, Raffles mengambil strategi membina hubungan baik dengan para pangeran dan penguasa yang sekiranya membenci Belanda. Strategi ini sekaligus sebagai upaya mempercepat penguasaan Pulau Jawa sebagai basis kekuatan untuk menguasai Kepulauan Nusantara. Sebagai realisasinya, Raffles berhasil menjalin hubungan dengan raja-raja di Jawa dan Palembang untuk mengusir Belanda dari Hindia.
3. Kebijakan Raffles tentang Land rent
Beberapa kebijakan dan tindakan yang dijalankan Raffles antara lain sebagai berikut.
(1) Pelaksanaan sistem sewa tanah atau pajak tanah (land rent) yang kemudian meletakkan dasar bagi perkembangan sistem perekonomian uang.
(2) Penghapusan pajak dan penyerahan wajib hasil bumi.
(3) Penghapusan kerja rodi dan perbudakan.
(4) Penghapusan sistem monopoli.
(5) Peletakan desa sebagai unit administrasi penjajahan.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Discovery learning
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Gambar /foto Raffles, gambar suasana kerja rodi, foto Sultan sepuh
2. Alat/Bahan : laptop, Monitor
3. sumber belajar : buku sejarah Indonesia, kelas XI (Kemendikbud)
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | a. Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa b. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, absensi/presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan). c. Guru menyampaikan topik pembelajaran dan tujuan serta kompetensi yang perlu dimiliki d. Guru membagi kelas menjadi enam kelompok; Kelompok I, II, III, IV. V, dan VI | |
Kegiatan Inti | Peserta didik diminta duduk di kelompok masing-masing. Mengamati a. Guru menayangkan atau menunjukkan beberapa gambar, foto: gambar/foto Raffles, suasana kerja rodi, dan gambar Sultan Sepuh. b. Guru meminta para peserta didik mengamati gambar-gambar yang ditayangkan itu dengan cermat. Menanya Guru mendorong peserta didik untuk bertanya tentang sesuatu seputar gambar-gambar yang baru saja ditayangkan. Beberapa pertanyaan yang muncul yang relevan dan signifikan kaitannya dengan topik pembelajaran yang akan di diskusikan di kelompok. Mengeksplorasi dan mengasosiasi Para peserta didik melakukan eksplorasi dan mengasosiasikan lewat kegiatan diskusi kelompok. Kelompok I dan III mendiskusikan tentang tiga prinsip Raffles dalam memerintah. Kelompok II dan V mendiskusikan berbagai usaha Raffles dalam pemerintahannya. Kelompok IV dan VI mendiskusikan tentang land rent. Mengkomunikasikan Para peserta didik melakukan presentasi untuk mengkomunikasi kan hasil karya kelompoknya. Kelompok lain memberikan tanggapan/respon. | |
Kegiatan Penutup | a. Guru memberikan ulasan singkat tentang materi yang baru saja didiskusikan b. Guru dapat menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi tersebut. c. Guru memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada peserta didik untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja berlangsung, misalnya: 1. Apa makna tiga prinsip Raffles dalam memerintah? 2. Apa yang dimaksud dengan land rent ? d. Sebagai refleksi guru bersama peserta didik menyimpulkan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang dapat kita peroleh setelah belajar topik ini. |
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen : Lembar penilaian observasi
2. Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian : Tes terulis/tugas rumah
3. Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian : Observasi/Lembar Observasi
Mengetahui, Kepala SMK Negeri 2 Lhokseumawe Husaini Is, S.Pd. MM Nip. 19711110 199801 1 001 | Lhokseumawe, 2017 Guru Mapel, Nursani, S.Pd NIP. 19820405 200904 2 006 |
________________________________________________________
FILENYA DOWNLOAD DISINI
________________________________________________________