Kemendikbudristek, melalui SE Nomor 1 Tahun 2021 sudah meniadakan Ujian Nasional (UN) akibat pandemi Covid-19. Namun, ujian sekolah masih dilaksanakan sebagai salah satu syarat kelulusan. Kebijakan ujian sekolah tahun 2022 masih menggunakan Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019.
![]() |
Kisi-kisi ujian sekolah sma 2022 matematika. Foto: Pixabay |
Bentuk ujian sekolah dapat berupa portofolio, penugasan, tes tertulis, dan/atau bentuk kegiatan lain sesuai kompetensi yang diukur berdasarkan standar nasional pendidikan. Peserta ujian sekolah adalah siswa akhir jenjang dengan syarat telah berada di tahun terakhir di masing-masing jenjang dan memiliki laporan lengkap hasil seluruh program pembelajaran yang sudah ditempuh.
Sebagai persiapan penyusunan soal ujian sekolah, berikut contoh Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA 2022 atau SMK untuk mata pelajaran Matematika terbaru.
Matematika
Jenjang Pendidikan : SMA / SMK Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Mata Pelajaran : MATEMATIKA Banyak Soal : 40soal
Alokasi Waktu : 120 menit Kurikulum : 2013
No | Kompetensi yang Diuji | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | Siswa dapat menyederhanakan hasil operasi bilangan pangkat | Bilangan Berpangkat | Siswa dapat menyederhanakan hasil operasi bilangan pangkat berdasar sifat-sifatnya | PG | 1 |
2 | Siswa dapat menyederhanakan operasi bentuk akar | Bentuk Akar | Siswa dapat menyederhanakan operasi bentuk akar | PG | 2 |
3 | Siswa dapat menunjukkan hasil logaritma tertentu yang diketahui nilai logaritma lain dalam bentuk variabel | Logaritma | Siswa dapat menentukan hasil operasi logaritma | PG | 3 |
4 | Siswa dapat menghitung nilai | Sistem Persamaan Linier Dua Variabel | Siswa dapat menghitung nilai | PG | 4 |
5 | Siswa dapat menentukan nilai-nilai akar persamaan kuadrat dari persamaan kuadrat dengan akar-akar | Persamaan Kuadrat | Siswa dapat menentukan nilai-nilai akar persamaan kuadrat dari persamaan kuadrat dengan akar-akar tertentu | PG | 5 |
6 | Disajikan persamaan kuadrat dengan akar-akar tertentu, siswa dapat menyusun persamaan kuadrat baru yang diketahui akar-akarnya | Persamaan Kuadrat | Disajikan persamaan kuadrat dengan akar-akar tertentu, siswa dapat menyusun persamaan kuadrat baru yang diketahui akar-akar yang lain ( x1-n) dan (X2-n) | PG | 24 |
7 | Siswa dapat menentukan elemen pada kesamaan matriks. | Kesamaan Matriks | Siswa dapat menentukan elemen pada kesamaan matriks | PG | 6 |
8 | Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan 3 buah matriks | Penjumlahan dan Pengurangan Matriks | Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan 3 buah matriks | PG | 7 |
9 | Siswa dapat menentukan determinan matriks ordo 3 | Determinan Matriks | Siswa dapat menentukan determinan matriks ordo 3 × 3 | PG | 8 |
10 | Siswa dapat menentukan titik balik fungsi dari suatu fungsi kuadrat | Titik Balik Fungsi Kuadrat | Siswa dapat menentukan titik balik fungsi dari suatu fungsi kuadrat yang diberikan | PG | 9 |
11 | Siswa dapat menentukan nilai suku ke-n suatu barisan | Barisan Aritmatika | Siswa dapat menentukan nilai suku ke-n suatu barisan yang diketahui 4 suku pertamanya | PG | 10 |
12 | Disajikan masalah konstektual siswa dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan deret aritmatika | Deret Aritmatika | Siswa dapat menyelesaiakan masalah konstektual dengan menggunakan derert aritmatika | PG | 11
|
13 | Siswa dapat menentukan suku ke-n barisan geometri yang diketahui dua suku yang tidak berurutan | Barisan Geometri | Siswa dapat menentukan suku ke-n barisan geometri yang diketahui dua suku yang tidak berurutan | PG | 12 |
14 | Siswa dapat menentukan jumlah n suku pertama barisan geometri yang diketahui dua suku yang tidak berurutan | Deret Geometri | Siswa dapat menentukan jumlah n suku pertama barisan geometri yang diketahui dua suku yang tidak berurutan | PG | 13 |
15 | Disajikan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan linier, siswa dapat menentukan nilai maksimumnya | Nilai Optimum | Disajikan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan linier, siswa dapat menentukan nilai maksimumnya | PG | 14 |
16 | Disajikan data dalam bentuk diagram batang, siswa dapat mengintepretasikan data tersebut | Diagram | Disajikan data dalam bentuk diagram batang, siswa dapat mengintepretasikan data tersebut | PG | 15 |
17 | Disajikan tabel frekuensi, siswa dapat menentukan salah satu nilai frekuensi yang diketahui rata-rata berbentuk data berbobot | Rata-Rata Data Berbobot | Disajikan tabel frekuensi, siswa dapat menentukan salah satu nilai frekuensi yang diketahui rata-rata berbentuk data berbobot | PG | 16 |
18 | Siswa dapat menentukan median data data berkelompok | Median Data Kelompok | Siswa dapat menentukan median data data berkelompok | PG | 17 |
19 | Siswa dapat menentukan modus dari data kelompok | Modus Data Kelompok | Siswa dapat menentukan modus data kelompok | PG | 18 |
20 | Siswa dapat menentukan simpangan baku | Simpangan Baku | Siswa dapat menentukan simpangan baku pada data tak berkelompok dengan n≤8 | PG | 19 |
21 | Siswa dapat menentukan nilai peluang | Peluang | Siswa dapat menentukan nilai suatu peluang | PG | 20 |
22 | Siswa dapat menentukan simpangan rata-rata | Simpangan Rata-Rata | Siswa dapat menentukan simpangan rata-ratapada data tak berkelompok dengan n≤8 | PG | 21 |
23 | Siswa dapat menyelesaikan masalah kombinasi dan permutasi | Kombinasi | Siswa dapat menyelesaikan masalah kombinasi | PG | 22,30,31 |
24 | Siswa dapat menentukan frekuensi harapan | Frekuensi Harapan Suatu Kejadian | Siswa dapat menentukan frekuensi harapan dalam pelemparan ndadu/ uang logam | PG | 23 |
25 | Siswa dapat menentukan bayangan titik | Refleksi dan Dilatasi | Siswa dapat menentukan bayangan titik | PG | 25 |
26 | Disajikan koordinat beberapa titik segitiga, siswa dapat menentukan bayangan titik oleh translasi tertentu dan dilanjutkan pencerminan terhadap garis | Translasi dan Refleksi | Disajikan koordinat beberapa titik segitiga, siswa dapat menentukan bayangan titik oleh translasi tertentu dan dilanjutkan pencerminan terhadap garis | PG | 26 |
27 | Siswa dapat menentukan kontraposisi dari pernyataan majemuk | Kontraposisi | Siswa dapat menentukan kontraposisi dari pernyataan majemuk | PG | 27 |
28 | Siswa dapat menentukan Ingkaran dari pernyataan majemuk | Ingkaran pernyataan majemuk | Siswa dapat menentukan ingkaran dari pernyataan majemuk ( implikasi) | PG | 28 |
29 | Siswa dapat menarik kesimpulan dari 2 premis yang diberikan | Penarikan Kesimpilan | Siswa dapat menarik kesimpulan dari 2 premis yang diberikan | PG | 29 |
30 | Siswa dapat menentukan hasil dari limit fungsi aljabar | Limit | Siswa dapat menentukan hasil limit fungsi aljabar. | PG | 32,33 |
31 | Siswa dapat menentukan hasil dari integral Fungsi aljabar | Integral tak tentu | Siswa dapat menentukan hasil dari integral tak tentu | PG | 34,39 |
32 | Siswa dapat menentukan hasil dari turunan pertama fungsi aljabar | Turunan | Siswa dapat menentukan hasil dari turunan yang berbentuk | PG | 35 |
33 | Siswa dapat menentukan aplikasi dari turunan fungsi aljabar | Aplikasi Turunan | Siswa dapat menentukan interval fungsi naik dari fungsi aljabar | PG | 36 |
34 | Siswa dapat menentukan aplikasi dari integral | Aplikasi Integral | Siswa dapat menentukan luas daerah antara 2 kurva | PG | 37 |
35 | Siswa dapat menentukan hasil dari turunan pertama fungsi aljabar. | Turunan | Siswa dapat menentukan hasil dari turunan pertamafungsi aljabar yang berbentuk y = U.V | PG | 38 |
36 | Siswa dapat menentukan hasil dari integral fungsi aljabar | Integral | Siswa dapat mengfhitung hasil dari integral tertentu | PG | 40 |