Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA 2022 Matematika Kelas 12 Terbaru

Kemendikbudristek, melalui SE Nomor 1 Tahun 2021 sudah meniadakan Ujian Nasional (UN) akibat pandemi Covid-19. Namun, ujian sekolah masih dilaksanakan sebagai salah satu syarat kelulusan. Kebijakan ujian sekolah tahun 2022 masih menggunakan Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019.

Kisi-kisi ujian sekolah sma 2022 matematika. Foto: Pixabay

Bentuk ujian sekolah dapat berupa portofolio, penugasan, tes tertulis, dan/atau bentuk kegiatan lain sesuai kompetensi yang diukur berdasarkan standar nasional pendidikan. Peserta ujian sekolah adalah siswa akhir jenjang dengan syarat telah berada di tahun terakhir di masing-masing jenjang dan memiliki laporan lengkap hasil seluruh program pembelajaran yang sudah ditempuh.

Sebagai persiapan penyusunan soal ujian sekolah, berikut contoh Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA 2022 atau SMK untuk mata pelajaran Matematika terbaru.


Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA 2022
Matematika

Jenjang Pendidikan  :    SMA / SMK                     Bentuk Soal     :  Pilihan Ganda

Mata Pelajaran         :    MATEMATIKA                 Banyak Soal    : 40soal 

Alokasi Waktu           :   120 menit                        Kurikulum        :  2013

 

No

Kompetensi yang Diuji

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

Siswa dapat menyederhanakan hasil operasi bilangan pangkat

Bilangan Berpangkat

Siswa dapat menyederhanakan hasil operasi bilangan pangkat  berdasar sifat-sifatnya

PG

1

2

Siswa dapat menyederhanakan operasi bentuk akar

Bentuk Akar

Siswa dapat menyederhanakan operasi bentuk akar

PG

2

3

Siswa dapat menunjukkan hasil logaritma tertentu yang diketahui nilai logaritma lain dalam bentuk variabel

Logaritma

Siswa dapat menentukan hasil operasi  logaritma

PG

3

4

Siswa dapat menghitung nilai  jika  dan y merupakan penyelesaian persamaan linier dua variabel

Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Siswa dapat menghitung nilai  jika  dan y merupakan penyelesaian persamaan linier dua variabel

PG

4

5

Siswa dapat menentukan nilai-nilai akar persamaan kuadrat dari persamaan kuadrat dengan akar-akar

Persamaan Kuadrat

Siswa dapat menentukan nilai-nilai akar persamaan kuadrat dari persamaan kuadrat dengan akar-akar tertentu

PG

5

6

Disajikan persamaan kuadrat dengan akar-akar tertentu, siswa dapat menyusun persamaan kuadrat baru yang diketahui akar-akarnya

Persamaan Kuadrat

Disajikan persamaan kuadrat dengan akar-akar tertentu, siswa dapat menyusun persamaan kuadrat baru yang diketahui akar-akar yang lain ( x1-n)  dan (X2-n)

PG

24

7

Siswa dapat menentukan elemen pada kesamaan matriks.

Kesamaan Matriks

Siswa dapat menentukan elemen pada kesamaan matriks

PG

6

8

Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan 3 buah matriks

Penjumlahan dan Pengurangan Matriks

Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan 3 buah matriks

PG

7

9

Siswa dapat menentukan determinan matriks ordo 3

Determinan Matriks

Siswa dapat menentukan determinan matriks ordo 3 × 3

PG

8

10

Siswa dapat menentukan titik balik fungsi dari suatu fungsi kuadrat

Titik Balik Fungsi Kuadrat

Siswa dapat menentukan titik balik fungsi dari suatu fungsi kuadrat yang diberikan

PG

9

11

Siswa dapat menentukan nilai suku ke-n suatu barisan

Barisan Aritmatika

Siswa dapat menentukan nilai suku ke-n suatu barisan yang diketahui 4 suku pertamanya

PG

10

12

Disajikan masalah konstektual siswa dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan deret aritmatika

Deret Aritmatika

Siswa dapat menyelesaiakan masalah konstektual dengan menggunakan derert aritmatika

PG

11

 

13

Siswa dapat menentukan suku ke-n barisan geometri yang diketahui dua suku yang tidak berurutan

Barisan Geometri

Siswa dapat menentukan suku ke-n barisan geometri yang diketahui dua suku yang tidak berurutan

PG

12

14

Siswa dapat menentukan jumlah n suku pertama barisan geometri yang diketahui dua suku yang tidak berurutan

Deret Geometri

Siswa dapat menentukan jumlah n suku pertama barisan geometri yang diketahui dua suku yang tidak berurutan

PG

13

15

Disajikan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan linier, siswa dapat menentukan nilai maksimumnya

Nilai Optimum

Disajikan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan linier, siswa dapat menentukan nilai maksimumnya

PG

14

16

Disajikan data dalam bentuk diagram batang, siswa dapat mengintepretasikan data tersebut

Diagram

Disajikan data dalam bentuk diagram batang, siswa dapat mengintepretasikan data tersebut

PG

15

17

Disajikan tabel frekuensi, siswa dapat menentukan salah satu nilai frekuensi yang diketahui rata-rata berbentuk data berbobot

Rata-Rata Data Berbobot

Disajikan tabel frekuensi, siswa dapat menentukan salah satu nilai frekuensi yang diketahui rata-rata berbentuk data berbobot

PG

16

18

Siswa dapat menentukan median data data berkelompok

Median Data Kelompok

Siswa dapat menentukan median data data berkelompok

PG

17

19

Siswa dapat menentukan modus dari data kelompok

Modus Data Kelompok

Siswa dapat menentukan modus data kelompok

PG

18

20

Siswa dapat menentukan simpangan baku

Simpangan Baku

Siswa dapat menentukan simpangan baku pada data tak berkelompok dengan n≤8

PG

19

21

Siswa dapat menentukan nilai peluang

Peluang

Siswa dapat menentukan nilai suatu peluang

PG

20

22

Siswa dapat menentukan simpangan rata-rata

Simpangan Rata-Rata

Siswa dapat menentukan simpangan rata-ratapada data tak berkelompok dengan n≤8

PG

21

23

Siswa dapat menyelesaikan masalah kombinasi dan permutasi

Kombinasi

Siswa dapat menyelesaikan masalah kombinasi

PG

22,30,31

24

Siswa dapat menentukan frekuensi harapan

Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

Siswa dapat menentukan frekuensi harapan dalam pelemparan ndadu/ uang logam

PG

23

25

Siswa dapat menentukan bayangan titik oleh dilatasi (A(a,b), k) dilanjutkan dengan refleksi terhadap garis x = -2

Refleksi dan Dilatasi

Siswa dapat menentukan bayangan titik oleh dilatasi (A(a,b), k) dilanjutkan dengan refleksi terhadap garis 
x = -2

PG

25

26

Disajikan koordinat beberapa titik segitiga, siswa dapat menentukan bayangan titik oleh translasi tertentu dan dilanjutkan pencerminan terhadap garis

Translasi  dan Refleksi

Disajikan koordinat beberapa titik segitiga, siswa dapat menentukan bayangan titik oleh translasi tertentu dan dilanjutkan pencerminan terhadap garis

PG

26

27

Siswa dapat menentukan kontraposisi dari pernyataan majemuk

Kontraposisi

Siswa dapat menentukan kontraposisi dari pernyataan majemuk

PG

27

28

Siswa dapat menentukan Ingkaran dari pernyataan majemuk

Ingkaran pernyataan majemuk

Siswa dapat menentukan ingkaran dari pernyataan majemuk ( implikasi)

PG

28

29

Siswa dapat menarik kesimpulan dari 2 premis yang diberikan

Penarikan Kesimpilan

Siswa dapat menarik kesimpulan dari 2 premis yang diberikan

PG

29

30

Siswa dapat menentukan hasil dari limit fungsi aljabar

Limit

Siswa dapat menentukan hasil limit fungsi aljabar.

PG

32,33

31

Siswa dapat menentukan hasil dari integral Fungsi aljabar

Integral tak tentu

Siswa dapat menentukan hasil dari integral tak tentu

PG

34,39

32

Siswa dapat menentukan hasil dari turunan pertama fungsi aljabar

Turunan

Siswa dapat menentukan hasil dari turunan yang berbentuk

PG

35

 

33

Siswa dapat menentukan  aplikasi dari turunan fungsi aljabar

Aplikasi Turunan

Siswa dapat menentukan interval fungsi naik dari fungsi aljabar

PG

36

34

Siswa dapat menentukan aplikasi dari integral

Aplikasi Integral

Siswa dapat menentukan luas daerah antara 2 kurva

PG

37

35

Siswa dapat menentukan hasil dari turunan pertama fungsi aljabar.

Turunan

Siswa dapat menentukan hasil dari turunan pertamafungsi aljabar yang berbentuk 
y = U.V

PG

38

36

Siswa dapat menentukan hasil dari integral fungsi aljabar

Integral

Siswa dapat mengfhitung hasil dari integral tertentu

PG

40 


Agar lebih mudah mempelajarinya, kisi-kisi ujian sekolah SMA 2022 Matematika kelas 12 terbaru ini dapat diunduh melalui link berikut ini.


Semoga bermanfaat.