SHOPEE, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, umumkan performa bisnis Shopee pada periode kuartal II 2020 atau selama pandemi Covid-19 berlangsung.
Beberapa di antaranya adalah Shopee meraih peringkat 1 untuk aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif terbanyak, jumlah unduhan dan total waktu dihabiskan pada sebuah aplikasi di Android berdasarkan riset dari App Annie.
Dari segi transaksi, Shopee mencatatkan pencapaian lebih dari 260 juta transaksi selama kuartal II, dan jika di rata-rata dalam sehari Shopee berhasil mencatatkan lebih dari 2,8 juta transaksi.
Jika dibandingkan dari tahun kuartal II 2019, Shopee mencatat adanya peningkatan lebih dari 130%.
Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, selama kuartal II tahun 2020, ada perubahan perilaku masyarakat yang berdampak terhadap pertumbuhan transaksi khususnya di e-commerce.
Perubahan itu membawa kebiasaan dan anggapan baru akan mudahnya memenuhi kebutuhan melalui e-commerce. Hal ini menjadi indikator positif bagi industri e-commerce seperti Shopee, yang terbukti tetap bisa menyokong kebutuhan masyarakat.
Dan yang paling penting terbukti berperan sebagai penjaga berputarnya roda ekonomi Indonesia di tengah masa pandemi. "Kini kami hadirkan kembali kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day sebagai salah satu upaya kami mendorong pemulihan kondisi ekonomi Indonesia,” katanya dalam rilis, Selasa (1/9/2020).
Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih bergulir di dunia, khususnya di Indonesia, diperlukan kerja sama strategis dan sinergi antar berbagai pihak guna memulihkan dan menjaga roda ekonomi Indonesia agar stabil.
Kerja sama dimaksud di antaranya pihak pemerintah, swasta, dan pelaku usaha atau UMKM. Agus Suparmanto, Menteri Perdagangan Republik Indonesia menambahkan, memang dibutuhkan sinergi dan kerjasama yang erat antara berbagai pihak untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi.
Contoh nyatanya adalah tersedianya fasilitas jual beli bagi masyarakat. Kita harus tetap menjaga roda perdagangan tetap berjalan dengan baik melalui transaksi-transaksi, baik yang terjadi di pasar rakyat maupun di platform daring.
Oleh karena itu, sinergi dan kerja samaantar berbagai pihak harus tetap terjaga dengan baik. Agus berharap, Shopee tetap senantiasa berkomitmen membantu pelaku UMKM di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas.
"Bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, khususnya di tengah situasi pandemi COVID-19 dan masa transisi menuju era adaptasi kebiasaan baru,” katanya.
Tawarkan metode logistik dan pembayaran yang berkualitas, dapat diandalkan, dan terukur
Selama periode kampanye festival belanja online terbesarnya, Shopee 9.9 Super Shopping Day, sederet fitur in-app dan layanan dari Shopee terus dikembangkan untuk memaksimalkan pengalaman belanja, dan juga dapat diandalkan oleh setiap pengguna untuk memastikan tiap transaksi berjalan dengan baik.
Untuk itu, dengan adanya permintaan yang tinggi terhadap transaksi online, Shopee menawarkan ekosistem logistik dan pembayaran yang kompeten untuk membantu mitra brand dan penjual bertemu dengan kebutuhan penggunanya.
Memasuki perayaan belanja akhir tahun, Shopee berkomitmen untuk memperkuat performa kedua indikator tersebut, mulai dari pelayanan di gudang, menggandeng mitra terpercaya, sehingga dapat mendukung penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan aktivitas belanja online masing-masing penggunanya.
Sederet layanan dan inovasi Shopee untuk memaksimalkan pengalaman belanja pengguna dalam metode logistik, diantaranya:
a. Tim Customer Service: dapat dihubungi di berbagai kanal (e-mail, call center, Twitter dan Instagram) yang beroperasi selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.
b. Tim Fraud: melakukan pemantauan terhadap isu-isu yang sekiranya berpotensi merugikan pihak internal dan eksternal Shopee.
c. Mitra logistik terpercaya: yang menjamin pesanan sampai ke tangan pengguna dengan aman dan cepat. Saat ini Shopee telah bekerja sama dengan berbagai mitra logistik, salah satunya seperti J&T Express.
d. Dikelola Shopee: layanan one stop solution dikemas dan dikirim oleh Shopee yang mengedepankan kecepatan dan terpercaya dengan sistem keamanan 24 jam di gudang untuk mengelola berbagai produk, stock, dan pesanan dari para mitra brand dan penjual.
e. Shopee Xpress: layanan pengiriman milik Shopee dengan rata-rata pesanan dikirim 2 jam setelah pengguna menyelesaikan transaksi.
Sedangkan yang terbaru dari layanan metode pembayaran yang ditawarkan oleh Shopee, seperti:
a. ShopeePay: layanan e-money guna memberikan variasi metode pembayaran lain bagi pengguna, dimana telah dijamin keamanannya di bawah supervisi OJK dan Bank Indonesia. Hingga saat ini, ShopeePay mencatat pertumbuhan e-money terpesat di Indonesia menurut riset YouGov. Sejalan dengan ekspansi ShopeePay di pedagang online dan offline, ShopeePay sudah dapat digunakan di >500 kota dan ratusan ribu mitra merchant.
b. Cash on Delivery: menjadi salah satu solusi metode pembayaran pengguna yang nyaman dan aman selama berbelanja online. Tercatat adanya kenaikan hampir 2.5x lipat untuk penggunaan layanan Cash on Delivery selama kuartal II 2020.
Robin Lo, CEO J&T Express, selaku salah satu mitra logistik terpercaya Shopee mengatakan, Shopee termasuk salah satu mitra terpercaya yang tidak ada hentinya memberikan layanan serta promosi terbaik bagi pengguna, baik itu penjual maupun pembeli demi mendorong pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi.
Hingga saat ini, J&T Express terus mendukung setiap program besar Shopee dan menjadi mitra resmi Cash on Delivery (COD) Shopee di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, sebagai upaya mendorong penjual tetap produktif dan semangat, J&T menginisiasi program khusus penjual di Shopee.
"Penjual dengan pengiriman paket terbanyak menggunakan J&T Express dapat memenangkan berbagai Grand Prize,” terangnya.
Pengguna Shopee masih dapat menikmati kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day hingga 13 September 2020 dengan gratis ongkir XTRA, Late Night Sale Rp 99, Shopee Tanam berhadiah 9,9JT dan TV Show pada tanggal 9 September dengan performa spesial dari GFRIEND dan sederet artis ternama lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day, kunjungi https://shopee.co.id/9-9. (*)
Beberapa di antaranya adalah Shopee meraih peringkat 1 untuk aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif terbanyak, jumlah unduhan dan total waktu dihabiskan pada sebuah aplikasi di Android berdasarkan riset dari App Annie.
Dari segi transaksi, Shopee mencatatkan pencapaian lebih dari 260 juta transaksi selama kuartal II, dan jika di rata-rata dalam sehari Shopee berhasil mencatatkan lebih dari 2,8 juta transaksi.
Jika dibandingkan dari tahun kuartal II 2019, Shopee mencatat adanya peningkatan lebih dari 130%.
Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, selama kuartal II tahun 2020, ada perubahan perilaku masyarakat yang berdampak terhadap pertumbuhan transaksi khususnya di e-commerce.
Perubahan itu membawa kebiasaan dan anggapan baru akan mudahnya memenuhi kebutuhan melalui e-commerce. Hal ini menjadi indikator positif bagi industri e-commerce seperti Shopee, yang terbukti tetap bisa menyokong kebutuhan masyarakat.
Dan yang paling penting terbukti berperan sebagai penjaga berputarnya roda ekonomi Indonesia di tengah masa pandemi. "Kini kami hadirkan kembali kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day sebagai salah satu upaya kami mendorong pemulihan kondisi ekonomi Indonesia,” katanya dalam rilis, Selasa (1/9/2020).
Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih bergulir di dunia, khususnya di Indonesia, diperlukan kerja sama strategis dan sinergi antar berbagai pihak guna memulihkan dan menjaga roda ekonomi Indonesia agar stabil.
Kerja sama dimaksud di antaranya pihak pemerintah, swasta, dan pelaku usaha atau UMKM. Agus Suparmanto, Menteri Perdagangan Republik Indonesia menambahkan, memang dibutuhkan sinergi dan kerjasama yang erat antara berbagai pihak untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi.
Contoh nyatanya adalah tersedianya fasilitas jual beli bagi masyarakat. Kita harus tetap menjaga roda perdagangan tetap berjalan dengan baik melalui transaksi-transaksi, baik yang terjadi di pasar rakyat maupun di platform daring.
Oleh karena itu, sinergi dan kerja samaantar berbagai pihak harus tetap terjaga dengan baik. Agus berharap, Shopee tetap senantiasa berkomitmen membantu pelaku UMKM di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas.
"Bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, khususnya di tengah situasi pandemi COVID-19 dan masa transisi menuju era adaptasi kebiasaan baru,” katanya.
Tawarkan metode logistik dan pembayaran yang berkualitas, dapat diandalkan, dan terukur
Selama periode kampanye festival belanja online terbesarnya, Shopee 9.9 Super Shopping Day, sederet fitur in-app dan layanan dari Shopee terus dikembangkan untuk memaksimalkan pengalaman belanja, dan juga dapat diandalkan oleh setiap pengguna untuk memastikan tiap transaksi berjalan dengan baik.
Untuk itu, dengan adanya permintaan yang tinggi terhadap transaksi online, Shopee menawarkan ekosistem logistik dan pembayaran yang kompeten untuk membantu mitra brand dan penjual bertemu dengan kebutuhan penggunanya.
Memasuki perayaan belanja akhir tahun, Shopee berkomitmen untuk memperkuat performa kedua indikator tersebut, mulai dari pelayanan di gudang, menggandeng mitra terpercaya, sehingga dapat mendukung penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan aktivitas belanja online masing-masing penggunanya.
Sederet layanan dan inovasi Shopee untuk memaksimalkan pengalaman belanja pengguna dalam metode logistik, diantaranya:
a. Tim Customer Service: dapat dihubungi di berbagai kanal (e-mail, call center, Twitter dan Instagram) yang beroperasi selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.
b. Tim Fraud: melakukan pemantauan terhadap isu-isu yang sekiranya berpotensi merugikan pihak internal dan eksternal Shopee.
c. Mitra logistik terpercaya: yang menjamin pesanan sampai ke tangan pengguna dengan aman dan cepat. Saat ini Shopee telah bekerja sama dengan berbagai mitra logistik, salah satunya seperti J&T Express.
d. Dikelola Shopee: layanan one stop solution dikemas dan dikirim oleh Shopee yang mengedepankan kecepatan dan terpercaya dengan sistem keamanan 24 jam di gudang untuk mengelola berbagai produk, stock, dan pesanan dari para mitra brand dan penjual.
e. Shopee Xpress: layanan pengiriman milik Shopee dengan rata-rata pesanan dikirim 2 jam setelah pengguna menyelesaikan transaksi.
Sedangkan yang terbaru dari layanan metode pembayaran yang ditawarkan oleh Shopee, seperti:
a. ShopeePay: layanan e-money guna memberikan variasi metode pembayaran lain bagi pengguna, dimana telah dijamin keamanannya di bawah supervisi OJK dan Bank Indonesia. Hingga saat ini, ShopeePay mencatat pertumbuhan e-money terpesat di Indonesia menurut riset YouGov. Sejalan dengan ekspansi ShopeePay di pedagang online dan offline, ShopeePay sudah dapat digunakan di >500 kota dan ratusan ribu mitra merchant.
b. Cash on Delivery: menjadi salah satu solusi metode pembayaran pengguna yang nyaman dan aman selama berbelanja online. Tercatat adanya kenaikan hampir 2.5x lipat untuk penggunaan layanan Cash on Delivery selama kuartal II 2020.
Robin Lo, CEO J&T Express, selaku salah satu mitra logistik terpercaya Shopee mengatakan, Shopee termasuk salah satu mitra terpercaya yang tidak ada hentinya memberikan layanan serta promosi terbaik bagi pengguna, baik itu penjual maupun pembeli demi mendorong pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi.
Hingga saat ini, J&T Express terus mendukung setiap program besar Shopee dan menjadi mitra resmi Cash on Delivery (COD) Shopee di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, sebagai upaya mendorong penjual tetap produktif dan semangat, J&T menginisiasi program khusus penjual di Shopee.
"Penjual dengan pengiriman paket terbanyak menggunakan J&T Express dapat memenangkan berbagai Grand Prize,” terangnya.
Pengguna Shopee masih dapat menikmati kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day hingga 13 September 2020 dengan gratis ongkir XTRA, Late Night Sale Rp 99, Shopee Tanam berhadiah 9,9JT dan TV Show pada tanggal 9 September dengan performa spesial dari GFRIEND dan sederet artis ternama lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day, kunjungi https://shopee.co.id/9-9. (*)