PROVIDER 3 Indonesia terus meningkatkan pengalaman pelanggannya dengan menerapkan solusi Zero Drive Test yang didukung oleh AVA Cognitive Services dari Nokia untuk menggantikan pengukuran jaringan konvensional berbasis drive-test manual yang mengharuskan personel turun langsung ke lapangan untuk memperoleh data.
Teknologi pengukuran jaringan otomatis ini dapat mendeteksi situasi yang tidak diinginkan seperti area dengan jangkauan sinyal yang buruk atau trafik data yang tinggi dengan lebih akurat, lebih efisien, dan lebih cepat.
Targetnya, mampu membantu 3 Indonesia menjaga keandalan layanan mobile internet dan memungkinkan pelanggan untuk bermain mobile games tanpa gangguan dalam masa PSBB ini.
Di 3, semua selalu berupaya untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan. Solusi Zero Drive Test memungkinkan untuk dapat mengoptimalkan jaringan kami dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berubah secara dinamis dan substansial selama masa pandemi Covid-19.
"Solusi ini membuat kami tetap fokus untuk memberikan jaringan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan kami,” ujar Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia Desmond Cheung, dalam rilis, Kamis (27/8/2020).
3 Indonesia menjadi operator jaringan seluler pertama di wilayah Asia Pasifik dan Jepang yang mengaplikasikan solusi Minimization of Drive Test (MDT) dari Nokia.
Teknologi ini mengandalkan informasi GPS dan data aktivitas jaringan yang dikumpulkan pada grid level. Solusi ini mampu melakukan pemantauan jaringan 80% lebih cepat dan memungkinkan pengoptimalan jaringan yang lebih baik.
Penerapan zero drive test pada teknologi ini juga meniadakan penggunaan kendaraan untuk melakukan pengukuran, sehingga tidak meninggalkan jejak karbon dioksida di lingkungan serta menghemat bahan bakar dan waktu.
Solusi ini didukung oleh AVA Cognitive Service kami, sebuah teknologi yang memungkinkan 3 Indonesia untuk mentransformasikan jaringan, layanan, dan operasi bisnis mereka melalui aplikasi AI dan otomasi.
Inovasi ini sangat penting dalam membantu 3 Indonesia untuk memantau kinerja jaringan mereka serta memanfaatkan data untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka.
"Solusi ini juga merupakan salah satu contoh dari komitmen kami terhadap produk yang berkelanjutan dan tanpa emisi," tukas KP Goh, Head of Indonesia di Nokia.
Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah berhasil menerapkan teknologi Packet Core Network untuk meningkatkan kinerja jaringan 3 dan memungkinkan pengguna menikmati koneksi yang lebih lancar dan bebas hambatan.
3 Indonesia terus meningkatkan teknologi dan layanan jaringannya untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal melalui dukungan jaringan 4.5G Pro yang lebih kuat dan lebih luas di lebih dari 34.000 desa di seluruh Indonesia. (*)
Teknologi pengukuran jaringan otomatis ini dapat mendeteksi situasi yang tidak diinginkan seperti area dengan jangkauan sinyal yang buruk atau trafik data yang tinggi dengan lebih akurat, lebih efisien, dan lebih cepat.
Targetnya, mampu membantu 3 Indonesia menjaga keandalan layanan mobile internet dan memungkinkan pelanggan untuk bermain mobile games tanpa gangguan dalam masa PSBB ini.
Di 3, semua selalu berupaya untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan. Solusi Zero Drive Test memungkinkan untuk dapat mengoptimalkan jaringan kami dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berubah secara dinamis dan substansial selama masa pandemi Covid-19.
"Solusi ini membuat kami tetap fokus untuk memberikan jaringan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan kami,” ujar Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia Desmond Cheung, dalam rilis, Kamis (27/8/2020).
3 Indonesia menjadi operator jaringan seluler pertama di wilayah Asia Pasifik dan Jepang yang mengaplikasikan solusi Minimization of Drive Test (MDT) dari Nokia.
Teknologi ini mengandalkan informasi GPS dan data aktivitas jaringan yang dikumpulkan pada grid level. Solusi ini mampu melakukan pemantauan jaringan 80% lebih cepat dan memungkinkan pengoptimalan jaringan yang lebih baik.
Penerapan zero drive test pada teknologi ini juga meniadakan penggunaan kendaraan untuk melakukan pengukuran, sehingga tidak meninggalkan jejak karbon dioksida di lingkungan serta menghemat bahan bakar dan waktu.
Solusi ini didukung oleh AVA Cognitive Service kami, sebuah teknologi yang memungkinkan 3 Indonesia untuk mentransformasikan jaringan, layanan, dan operasi bisnis mereka melalui aplikasi AI dan otomasi.
Inovasi ini sangat penting dalam membantu 3 Indonesia untuk memantau kinerja jaringan mereka serta memanfaatkan data untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka.
"Solusi ini juga merupakan salah satu contoh dari komitmen kami terhadap produk yang berkelanjutan dan tanpa emisi," tukas KP Goh, Head of Indonesia di Nokia.
Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah berhasil menerapkan teknologi Packet Core Network untuk meningkatkan kinerja jaringan 3 dan memungkinkan pengguna menikmati koneksi yang lebih lancar dan bebas hambatan.
3 Indonesia terus meningkatkan teknologi dan layanan jaringannya untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal melalui dukungan jaringan 4.5G Pro yang lebih kuat dan lebih luas di lebih dari 34.000 desa di seluruh Indonesia. (*)