Assalamu�alaikum Wr. Wb.
Bismillahirahmaanirrahiim
Salam berbagi�
BUKU KERJA 1
I. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL)
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SD KURIKULUM 2013 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam , di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya. |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain |
II. KOMPETENSI INTI (KI)
KI-1 | : | Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. |
KI-2 | : | Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru. |
KI-3 | : | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah. |
KI-4 | : | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis serta sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. |
III. KOMPETENSI DASAR (KD)
Rincian KD terlampir pada kolom SILABUS.
Terlampir di buku administrasi guru
V. RPP
Rincian RPP dari Tema 1 sampai Tema 8 di buat terpisah.
Terlampir
VI. KKM
Terlampir di buku KKM
Mengetahui, Kepala Sekolah ������������ NIP. | | Bandung, 2020 Guru Kelas ...����������.. NIP. |
BUKU KERJA 2
A. KODE ETIK GURU
1. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila.
2. Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
3. Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
4. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
5. Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat di sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
6. Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
7. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun di dalam hubungan keseluruhan.
8. Guru secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdiannya.
9. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.
B. IKRAR GURU
IKRAR GURU REPUBLIK INDONESIA
1. Kami Guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Kami Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada UUD�45
3. Kami Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
4. Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.
5. Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap Bangsa, Negara serta kemanusiaan.
C. TATA TERTIB GURU
1. Berkewajiban datang dan pulang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
2. Berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang pancasila.
3. Memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
4. Mengadakan komunikasi tertutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
5. Menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
6. Memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
7. Secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
8. Menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru, baik berdasarkan lingkungan kerja, maupun dalam hubungan keseluruhan.
9. Secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdian.
10.Melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.
11. Memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga dan profesi.
12. Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
13. Memotivasi peserta didik dalam memanfaatkan waktu untuk belajar diluar jam sekolah.
14. Memberikan keteladanan dalam meciptakan budaya membaca, budaya belajar dan budaya bersih.
15. Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.
16. Mentaati tata tertib dan peraturan perundang-undangan, kode etik guru serta nilai-nilai agama dan etika.
17. Berpakaian yang menutup aurat bagi yang beragama Islam dan sesuai norma sosial masyarakat/norma kepatuhan bagi yang beragama lain.
18. Merokok selama berada di lingkungan satuan pendidikan.
D. PEMBIASAAN GURU
Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang menetap dan otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri.
No | Kegiatan | Rincian Kegiatan Yang Dilakukan |
1 | Kegiatan Rutin | - Berdoa sebelum dan sesudah belajar |
| | - Literasi |
| | - Menyanyikan Lagu Wajib Nasional |
| | - |
| | - |
| | - |
2 | Kegiatan Spontan | - Membiasakan mengucapkan salam |
| | - |
| | - |
| | - |
| | - |
3 | Kegiatan Terprogram | - Pembiasaan hafalan do�a & surat |
| | - Literasi |
| | - Senam |
| | - |
| | - |
4 | Kegiatan Keteladanan | - Membiasakan berpakaian rapih |
| | - Membiasakan datang tepat waktu |
| | - Membiasakan berbahasa dengan baik |
| | - Membiaskan rajin membaca |
| | - Membiaskan bersikap ramah |
E. KALENDER PENDIDIKAN
Terlampir di buku administrasi gu
F. ALOKASI WAKTU TEMATIK
No | Tanggal | Kegiatan |
1 | 13 Juli 2020 | Hari Pertama Masuk Sekolah |
2 | 13-15 Juli 2020 | Pengenalan Lingkungan Sekolah |
3 | 31 Juli 2020 | Libur Hari Raya Idul Fitri |
4 | 17 Agustus 2020 | Libur Hari Proklamasi Kemerdekaan RI |
5 | 20 Agustus 2020 | Libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriah |
6 | 14-19 September 2020 | Prakiraan Penilaian Tengah Semester I |
7 | 21-26 September 2020 | Prakiraan Jeda Tengah Semester I |
8 | 28,29,30 Oktober 2020 | Libur dan Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW |
9 | 1-12 Desember 2020 | Prakiraan Penilaian Akhir Semester I |
10 | 18 Desember 2020 | Tanggal Penetapan Rapor Semester I |
11 | 18/19 Desember 2020 | Pembagian Rapor Semester 2020 |
12 | 24-25 Desember 2020 | Cuti Bersama dan Libur Hari Natal |
13 | 21 Des 2020 - 10 Jan 2021 | Libur Semester I |
14 | 28-31 Desember 2020 | Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 H |
G. PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
Terlampir
H. PROGRAM SEMESTER (PROMES)
Terlampir
I. JURNAL AGENDA HARIAN GURU
Terlampir
Mengetahui, Kepala Sekolah ������������ NIP. | | Bandung, 2020 Guru Kelas ...����������.. NIP. |
BUKU KERJA 3
A. DAFTAR KELAS
Daftar kelas terlampir
B. DAFTAR NILAI (BUKU NILAI)
Daftar nilai terlampir
C. PENILAIAN AKHLAK
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester :
Tema :
No | Nama Siswa | Skor Yang Di Nilai | |||||||
Kedisiplinan | Kebersihan | Sopan Santun | Hub. Sosial | Kejujuran | Keg. Ibadah | Jumlah Skor | Predikat | ||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. ANALISIS HASIL ULANGAN
Terlampir
E. PROGRAM PENGAYAAN
Terlampir
F. PROGRAM PERBAIKAN
Terlampir
G. DAFTAR BUKU PEGANGAN SISWA & GURU
NO | NAMA BUKU | JUMLAH | PENERBIT | KET |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H. JADWAL MENGAJAR
NO | HARI | KEGIATAN | PUKUL | KET |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. TARAF SERAP/DAYA SERAP SISWA
NO | KOMPETENSI & MATA PELAJARAN | TEMA SEMESTER 1 | TEMA SEMESTER 2 | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||
1 | SIKAP SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 | SIKAP SOSIAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 | PENGETAHUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - PPKn |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - B. INDONESIA |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - MATEMATIKA |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - SBdP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 | KETERAMPILAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - PPKn |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - B. INDONESIA |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - MATEMATIKA |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - SBdP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 | EKSTRAKULIKULER |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - B. SUNDA |
|
|
|
|
|
|
|
|
| - B. INGGRIS |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
J. KUMPULAN KISI SOAL ULANGAN
Terlampir
K. KUMPULAN SOAL ULANGAN
Soal-soal Terlampir
L. ANALISIS SOAL ULANGAN
Terlampir dalam buku daftar nilai
M. PERBAIKAN SOAL ULANGAN
Terlampir di dalam daftar program pengayaan dan perbaikan (remedial)
Menyetujui, Kepala Sekolah ................... .............................................. NIP. | Bandung, 2020 Guru Kelas ���.................................... NIP. |
| |
BUKU KERJA 4
ADMINISTRASI GURU KURIKULUM 2013
DAFTAR EVALUASI DIRI KERJA GURU
TEMA : ........................................................................................................
NO | EVALUASI | PELAKSANAAN | ALASAN | |
YA | TIDAK | |||
1 | Mempersiapkan RPP sebelum KBM | | | |
2 | Mempersiapkan APE yang akan digunakan dalam KBM | | | |
3 | Kegiatan Pembukaan | | | |
| a. Berdoa sebelum belajar | | | |
| b. Absensi siswa melalui media online | | | |
| c. Apersepsi (membahas kegiatan yang akan dilaksanakan) | | | |
4 | Kegiatan Inti | | | |
| a. Mengajak siswa belajar aktif, kreatif dan inovatif | | | |
| b. Melakukan penilaian proses selama KBM | | | |
5 | Kegiatan Akhir | | | |
| a. Mengulang materi yang sudah di bahas hari ini | | | |
| b. Memotivasi siswa untuk lebih baik lagi | | | |
| c. Melakukan peniliaian siswa | | | |
6 | Apakah guru sudah menyampaikan materi dengan baik | | | |
7 | Apakah guru sudah dapat menguasai kelas dalam melaksanakan KBM di dalam kelas | | | |
8 | Apakah waktu yang disediakan cukup dalam penyampaian materi dalam KBM | | | |
9 | Apakah guru cukup peka dengan kondisi psikologis siswa | | | |
10 | Apakah guru melakukan penilaian baik itu penilaian proses maupun penilaian hasil | | | |
11 | Apakah guru dapat menciptakan suasana yang kreatif dan inovatif di dalam kelas selama KBM | | | |
12 | Apakah dalam penyampaian materi pembelajaran guru sudah sesuai dengan RPP yang dibuat | | | |
13 | Apakah guru melakukan kegiatan untuk menutup KBM siswa | | | |
PROGRAM TINDAK LANJUT KINERJA GURU
SEMESTER : .....................................................
NO | KELEBIHAN | KEKURANGAN | TINDAK LANJUT | HASIL | KET |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah ������������ NIP. | | Bandung, 2020 Guru Kelas ...����������.. NIP. |
Untuk format Buku Kerja Guru lengkap. Boleh download disini ya !
Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan berguna untuk rekan-rekan guru Sekolah Dasar (SD). Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih.
Wassalamu�alaikum Wr. Wb.