CONTOH KUESIONER PENELITIAN


Assalamu�alaikum Wr. Wb.
Responden yang terhormat,
Dengan segala kerendahan hati, saya memohon kesediaan Ibu/Bapak Guru meluangkan waktunya untuk dapat membantu saya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kuesioner ini yang akan saya gunakan sebagai data penelitian yang sedang saya lakukan.
Seluruh jawaban yang Saudara/Saudari isi, akan saya gunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan penelitian ini.
Atas bantuan Ibu dan Bapa Guru, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Erlis Maryandha
NIM:
PETUNJUK PENGISIAN KUESIONER
1.    Bacalah baik-baik setiap penyataan dan isilah sesuai dengan pilihan jawaban anda.
2.    Berilah tanda silang (X) atau checklist() pada kolom pilihan yang telahdisediakanuntukjawaban yang sesuaidenganpendapatIbu dan Bapa Guru.Denganpilihanalternativejawabansebagaiberikut:


a.                   SangatSetuju (SS)
b.                  Setuju (S)
c.                   Ragu-ragu (R)
d.                  TidakSetuju (TS)
e.                   SangatTidakSetuju (STS)


3.      Kuesioner ini baru dapat digunakan secara optimal, jika semua pertanyaan telah dijawab, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kesediaan Saudara/Saudari untuk menjawab semua pertanyaan yang ada.
4.      Jika ada pertanyaan yang kurangdipahami, dapatditanyakankepadapewawancara/peneliti.

IDENTITAS RESPONDEN
Nama                           :---------------------------------------------------------------------------
Alamat                         :---------------------------------------------------------------------------
PendidikanTerakhir     : ---------------------------------------------------------------------------
Jenis Home Industri    : ---------------------------------------------------------------------------
JenisKelamin               : ( L / P)*        
Tmpt./Tgl. Lahir          :---------------------------------------------------------------------------
*Coret yang tidakperlu.
KUESIONER
No
Pernyataan
AlternatifJawaban
Variabel X1 Gaya Kepemimpinan
1
Kepala Sekolah (Kepala Sekolah) memiliki strategi yang jelas dan realistis
SS
S
R
TS
STS
2
kepala sekolah dalam menyampaikan Strategi pengembangan sekolah sangant jelas dan diterima oleh semua guru.   
SS
S
R
TS
STS
3
Saya percaya bahwa tujuan yang ditetapkan kepala sekolah akan membawa perubahan yang lebih baik.
SS
S
R
TS
STS
4
Kepala sekolah selalu memberikan perhatian secara personal dan sangat memotivasi kerja saya.
SS
S
R
TS
STS
5
Kepala sekolah selalu peduli terhadap setiap permasalahan yang terjadi pada anggota (guru).
SS
S
R
TS
STS
6
Kepala Sekolah sangat memperhatikan lingkungan kerja dan saya merasa nyaman dalam bekerja.
SS
S
R
TS
STS
7
Kepala Sekolah memberikan motivasi kepada semua guru untuk meningkatkan mutu pendidikan.
SS
S
R
TS
STS
8
Kepala Sekolah selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada anggota (guru) menyelesaikan tugas dengan tuntas
SS
S
R
TS
STS
9
Kepala Sekolah selalu mengajak seluruh anggota untuk berorientasi pada kualitas pendidikan.
SS
S
R
TS
STS
10
Kepala Sekolah selalu mengajak anggota untuk bekerja dalam tim yang solid dan harmonis.
SS
S
R
TS
STS
11
Kepala Sekolah selalu mamu menyelesaikan setiap konflik antar anggota
SS
S
R
TS
STS
12
Kepala Sekolah selalu menghargai setiap perbedaan pendapat untuk tujuan lebh baik
SS
S
R
TS
STS
13
Kepala Sekolah selalu mengajak anggotanya untuk menghormati perbedaan dan keyakinan.
SS
S
R
TS
STS
Variabel X2 Motivasi Kerja
14
Saya sangat termotivasi mengajar karena kebutuhan hidup terpenuhi
SS
S
R
TS
STS
15
Saya sangat termotivasi mengajar karena kebutuhan pendidikan anak-anak terpenuhi
SS
S
R
TS
STS
16
Saya sangat termotivasi mengajar karena Kepala Sekolah saya sangat menyenangkan
SS
S
R
TS
STS
17
Rekan-rekan guru sangat menyenangkan sehingga membuat saya lebih nyaman
SS
S
R
TS
STS
18
Saya senang bekerja karena Lingkungan dan suasana sekolah sangat nyaman
SS
S
R
TS
STS
19
Masa depan saya terjamin karena ditempat saya mengajar terdapat tunjangan hari tua / pensiun
SS
S
R
TS
STS
20
 Kepala Sekolah sangat memberikan perhatian terhadap pekerjaan yang saya kerjakan
SS
S
R
TS
STS
21
Kepala Sekolah selalu memberikan perhatian secara personal tentang persoalan pribadi yang sedang saya hadapi
SS
S
R
TS
STS
22
Kepala Sekolah tidak membeda-bedakan guru, semua guru mendapatkan perhatian yang sama
SS
S
R
TS
STS
23
Kepala Sekolah (kepala sekolah) selalu memperlakukan guru dengan baik dan sopan.
SS
S
R
TS
STS
24
Kepala Sekolah (kepala sekolah) sangat memperhatikan dan menghargai prestasi yang didapatkan guru.
SS
S
R
TS
STS
25
Kepala Sekolah (Kepala sekolah) selalu memberikan dukungan kepada guru untuk mengembangkan diri
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
26
Kepala Sekolah (kepala Sekolah) memfasilitasi pengembangan diri guru
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
Variabel X3 Disiplin Kerja 
27
Setiap guru dan karyawan taat pada aturan Yayasan Darul Inayah
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
28
 Saya selalu patuh pada etika mengajar
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
29
Saya tidak pernah terlambat datang kesekolah
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
30
Saya selalu patuh pada Norma di Masyarakat
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
31
 Saya selalu menahan emosi ketika menghadapi persoalan di sekolah
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
32
Saya selalu sabar dalam menjalankan tugas meski itu berat
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
33
 Tugas dari Kepala Sekolah selalu saya kerjakan
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
34
 Saya patuh pada aturan Kepala Sekolah meski itu berat untuk dikerjakan
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
Variabel Y Kinerja Guru
35
Saya bekerja selalu berpedoman pada target yang harus dicapai sesuai dengan arahan Kepala Sekolah
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
36
Target yang saya buat atau saya terima dari Kepala Sekolah sangat menantang selagi itu realistris
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
37
Kualitas yang saya hasilkan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Kepala Sekolah
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
38
Bagi saya kualitas adalah mutlak harus dipenuhi
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
39
 Untuk memenuhi kualitas yang baik, saya selalu bekerja berdasarkan prosedur-prosedur yang ada
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
40
 Siswa sangat puas atas kualitas mengajar saya
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
41
Dalam melaksanakan target saya selalu tepat waktu
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
42
karena kualitas mengajar saya baik dalam mengajar, sehngga  Orang tua siswa puas atas raihan niali siswa.
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
43
Bagi saya, penyelesaian kerja tepat waktu itu penting
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
44
Siswa berprestasi itu karena cara mengajar saya benar sesuai dengan aturan yang berlaku
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
45
Saya selalu membuat laporan pengajaran (RPP) dan saya selalu bertanggungjawab dalam mengajar
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
Variabel Z Prestasi Siswa
46
Siswa sudah trampil menggunakan media elektronik (komputer)
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
47
Siswa mampu menguasai keterampilan dalam menggunakan alat peraga
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
48
Siswa mampu membuat laporan kerja
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
49
Siswa mampu membuat laporan hasil observasi
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
50
Siswa mampu membuat laporan hasil diskusi kelompok
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
51
Siswa mampu menganalisis data hasil observasi
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
52
Siswa mampu menganalisis data hasil unjuk kerja yang telah dilakukan
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
53
Siswa dapat mengevaluasi hasil belajar
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
54
Siswa dapat menyebut kembali materi yang sudah disampaikan
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
55
Siswa mampu memberikan contoh  sesuai materi yang telah diajarkan
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
56
Siswa mampu menghargai pendapat orang lain
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
57
Siswa mampu mentaati tata tertib sekolah
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
58
Siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
59
Siswa mendapat nilai baik setiap pelajaran yang saya ajarkan
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
60
Semua siswa diterima di perguruan negri 
SS
S
R
TS
STS
....
....
....
....
.....
61
Prestasi siswa sangat dipengaruhi oleh kinerja guru
SS
S
R
TS
STS
....
.....
.....
.....
.....