RPP MATEMATKA
RPP K-13 SMP
RPP K-13 SMA/SMK
________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Bilangan
Alokasi Waktu : 32 x 40� (13 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI- 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) | 3.1.1 Memberikan contoh bilangan bulat positif dan negatif. 3.1.2 Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif. 3.1.3 Menentukan KPK dan FPB pada bilangan bulat. 3.1.4 Membandingkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil) 3.1.5 Mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran, dan sebaliknya. 3.1.6 Mengubah pecahan biasa ke desimal, dan sebaliknya. 3.1.7 Mengubah pecahan biasa ke persen, dan sebaliknya. 3.1.8 Mengubah pecahan biasa ke permil, dan sebaliknya. 3.1.9 Mengurutkan bilangan pecahan dari yang terkecil ke nilai terbesar, dan sebaliknya. |
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) | 4.1.1 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif. 4.1.2 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil). |
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi | 3.2.1 Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan. 3.2.2 Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian. 3.2.3 Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan. 3.2.4 Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian. |
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan | 4.2.1 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. 4.2.2 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat. 4.2.3 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan. 4.2.4 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan. |
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif | 3.3.1 Menyatakan bilangan berpangkat desimal menjadi bilangan berpangkat positif dan negatif. 3.3.2 Membandingkan bilangan berpangkat positif dan negatif. |
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif | 4.3.1 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan pangkat positif dan negatif. |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Memberikan contoh bilangan bulat positif dan negatif.
2. Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif.
3. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif.
Pertemuan 2:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan.
2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.
Pertemuan 3:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.
2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat.
Pertemuan 4:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menentukan KPK dan FPB pada bilangan bulat.
2. Membandingkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil)
Pertemuan 5:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi, presentasi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran, dan sebaliknya.
2. Mengubah pecahan biasa ke desimal, dan sebaliknya.
Pertemuan 6:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi, presentasi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Mengubah pecahan biasa ke persen, dan sebaliknya.
2. Mengubah pecahan biasa ke permil, dan sebaliknya.
Pertemuan 7:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Mengurutkan bilangan pecahan dari yang terkecil ke nilai terbesar, dan sebaliknya.
2. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil).
Pertemuan 8:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan.
2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan.
Pertemuan 9:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menentukan hasil operasi hitung perkalian pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.
2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian pada bilangan pecahan.
Pertemuan 10:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menentukan hasil operasi hitung pembagian pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.
2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung pembagian pada bilangan pecahan
Pertemuan 11:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menyatakan bilangan berpangkat desimal menjadi bilangan berpangkat positif dan negatif.
2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan pangkat positif dan negatif.
Pertemuan 12:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Membandingkan bilangan berpangkat positif dan negatif.
2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan pangkat positif dan negatif.
Pertemuan 13:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Mengerjakan soal evaluasi materi bilangan.
D. Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
a. Mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
b. Sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat
c. Operasi hitung pada bilangan bulat
d. Menentukan KPK dan FPB pada bilangan bulat
e. Mengurutkan dan membandingkan bilangan pecahan
f. Mengubah bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil)
g. Operasi hitung pada bilangan pecahan
h. Pangkat dan akar bilangan bulat positif dan negatif
Materi Pembelajaran Pengayaan
a. Akar dan pangkat bilangan pecahan dan bulat
b. Membandingkan pangkat negatif
Materi Pembelajaranp Remedial
a. Bilangan bulat positif dan negatif
b. Bilangan pecahan
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan 1-4 : Model Discovery Learning
Pertemuan 5-10 : Model Kooperatif Tipe STAD
Pertemuan 11-12 : Model Problem Based Learning
Pertemuan 13 : Evaluasi
F. Media dan Bahan
1. Media : Media power point, video yang berkaitan dengan bilangan, Laptop, CPU, LCD Projector, Gambar/Foto
2. Bahan : Benda-benda di dalam kelas yang di dalamnya terdapat bilangan seperti struktur kepengurusan, iventaris kelas, dan nomor absen siswa.
G.Sumber Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
Abdul Rahman As�ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).
Abdul Rahman As�ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit) |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1. Peserta didik melakukan do�a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do�a) 2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 3. Guru mengaitkan materi mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat yang diajarkan dengan kehidupan nyata 4. Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya yang didapat ketika SD. 5. Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan | 10 menit |
Inti | Langkah 1. Stimulation (Stimulasi/Pemberian rangsangan 1. Guru bertanya mencari informasi tentang mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat 2. Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 6 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib 3. Guru memberikan lembar kerja (LK yang berisi petunjuk untuk menemukan dan mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif 4. Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana cara menemukan urutan serta membandingkna bilangan bulat positif dan negatif dengan LK memotivasi/ mendorong peserta didik untuk menemukannya Langkah 2. Problem Statement (Identifikasi masalah) 5. Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif 6. Peserta didik melakukan mengidentifikasi dan menganalisis LK yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK Langkah 3. Mengumpulkan Data dan Pengolahan Data 7. Peserta didik dalam kelompok melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif 8. Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan permasalahan yang berbeda 9. Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama dengan menggunakan model peraga lain untuk membuktikan tentang mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif 10. Setelah diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan Langkah 5. Pembuktian 11. Guru membimbing siswa untuk mengecek kembali hasil pengamatannya. 12. Peserta didik memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya tentang langkah-langkah dalam mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif 13. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan konsep, teori, aturan melalui contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil percobaan, pengolahan dan analisis data, peserta didik dapat mengecek hipotesis yang diajukan apakah terbukti atau tidak. 14. Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan dengan membuat kesimpulan dari hasil penemuan dalam hasil pembuktian tentang mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif 15. Guru dan peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya | 50 menit |
Penutup | 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2. Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi. 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan 4. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat positif dan negatif 5. Melaksanakan postes terkait tentang mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat positif dan negatif 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya 7. Untuk memberi penguatan materi yang telah dipelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet. 8. Guru memberikan tugas | 20 menit |
Penugasan: 1. Diketahui bilangan C dan D adalah bilangan bulat negatif. Bilangan C tersusun dari 3 angka, sedangkan bilangan D tersusun dari 4 angka. Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan. 2. Diketahui bilangan A dan B adalah bilangan bulat positif. Bilangan A dan B sama-sama tersusun dari 4 angka. Bagaimanakan langkahmu untuk menentukan bilangan yang lebih besar? Jelaskan. |
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Observasi | Jurnal | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran |
2. | Penilaian diri | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran | |
3. | Penilaian antar teman | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran |
b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Observasi | Jurnal | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran |
2. | Penilaian diri | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran | |
3. | Penilaian antar teman | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran |
c. Pengetahuan
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Lisan | Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk pembelajaran |
2. | Penugasan | Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian sebagai pembelajaran Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai pembelajaran |
3. | Tertulis | Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya | terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian pencapaian pembelajaran |
4. | Portofolio | Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis | Saat pembelajaran usai | Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan |
d. Keterampilan
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Praktik | Tugas (keterampilan) | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran |
2. | Produk | Tugas (keterampilan) | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran |
3. | Proyek | Tugas besar | terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk, sebagai, dan pencapaian pembelajaran |
4. | Portofolio | Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis | Saat pembelajaran usai | Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
o pembelajaran ulang
o bimbingan perorangan
o belajar kelompok
o pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu ( Assuadi, S.Pd ) NIP : 19690305 200604 1003 | Bayu, 20 Guru Mapel ( Marzuki, S.Pd ) NIP : |
DOWNLOAD FILENYA DISINI
______________________________________________________________________