RPP K-13 : MATEMATIKA KELAS VII (BILANGAN)

RPP MATEMATKA

RPP K-13 SMP

RPP K-13 SMA/SMK

________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/Semester                      : VII/1
Materi Pokok                         : Bilangan
Alokasi Waktu                       : 32 x 40� (13 pertemuan)

A.  Kompetensi Inti
 KI- 1  :         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2 :    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI-3 :      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 :      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  3.1     Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
  3.1.1   Memberikan contoh bilangan bulat positif dan negatif.
  3.1.2   Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif.
  3.1.3       Menentukan KPK dan FPB pada bilangan bulat.
  3.1.4       Membandingkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil)
  3.1.5       Mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran, dan sebaliknya.
  3.1.6       Mengubah pecahan biasa ke desimal, dan sebaliknya.
  3.1.7       Mengubah pecahan biasa ke persen, dan sebaliknya.
  3.1.8       Mengubah pecahan biasa ke permil, dan sebaliknya.
  3.1.9       Mengurutkan bilangan pecahan dari yang terkecil ke nilai terbesar, dan sebaliknya.

4.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
4.1.1         Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif.
4.1.2         Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil).

3.2  Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
3.2.1          Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan.
3.2.2          Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.
3.2.3          Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan.
3.2.4          Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.
4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
4.2.1         Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.
4.2.2         Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat.
4.2.3         Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan.
4.2.4         Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan.
3.3  Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif
3.3.1         Menyatakan bilangan berpangkat desimal menjadi bilangan berpangkat positif dan negatif.
3.3.2         Membandingkan bilangan berpangkat positif dan negatif.
4.3  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif
4.3.1         Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan pangkat positif dan negatif.

C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Memberikan contoh bilangan bulat positif dan negatif.
2.      Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif.
3.   Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif.

Pertemuan 2:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan.
2.      Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.

Pertemuan 3:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.  Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.
2.   Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat.

Pertemuan 4:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Menentukan KPK dan FPB pada bilangan bulat.
2.      Membandingkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil)

Pertemuan 5:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi, presentasi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran, dan sebaliknya.
2.      Mengubah pecahan biasa ke desimal, dan sebaliknya.

Pertemuan 6:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi, presentasi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Mengubah pecahan biasa ke persen, dan sebaliknya.
2.      Mengubah pecahan biasa ke permil, dan sebaliknya.

Pertemuan 7:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Mengurutkan bilangan pecahan dari yang terkecil ke nilai terbesar, dan sebaliknya.
2.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil).

Pertemuan 8:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan.
2.      Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan.

Pertemuan 9:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Menentukan hasil operasi hitung perkalian pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.
2.      Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian pada bilangan pecahan.

Pertemuan 10:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Menentukan hasil operasi hitung pembagian pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.
2.      Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung pembagian pada bilangan pecahan

Pertemuan 11:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Menyatakan bilangan berpangkat desimal menjadi bilangan berpangkat positif dan negatif.
2.      Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan pangkat positif dan negatif.
                                                                                        
Pertemuan 12:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Membandingkan bilangan berpangkat positif dan negatif.
2.      Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan pangkat positif dan negatif.

Pertemuan 13:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.      Mengerjakan soal evaluasi materi bilangan.

D.  Materi Pembelajaran
           Materi Pembelajaran Reguler
a.       Mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
b.      Sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat
c.       Operasi hitung pada bilangan bulat
d.      Menentukan KPK dan FPB pada bilangan bulat
e.       Mengurutkan dan membandingkan bilangan pecahan
f.       Mengubah bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil)
g.      Operasi hitung pada bilangan pecahan
h.      Pangkat dan akar bilangan bulat positif dan negatif

          Materi Pembelajaran Pengayaan
a.       Akar dan pangkat bilangan pecahan dan bulat
b.      Membandingkan pangkat negatif

         Materi Pembelajaranp Remedial
a.       Bilangan bulat positif dan negatif
b.      Bilangan pecahan

E.  Metode Pembelajaran
Pertemuan 1-4        : Model Discovery Learning
Pertemuan 5-10      : Model Kooperatif Tipe STAD
Pertemuan 11-12    : Model Problem Based Learning
Pertemuan 13         : Evaluasi

F.   Media dan Bahan
1.      Media    : Media power point, video yang berkaitan dengan bilangan, Laptop, CPU, LCD Projector, Gambar/Foto
2.      Bahan  : Benda-benda di dalam kelas yang di dalamnya terdapat bilangan seperti    struktur kepengurusan, iventaris kelas, dan nomor absen siswa.


G.Sumber Belajar
Sumber Belajar :  Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
Abdul Rahman As�ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).
Abdul Rahman As�ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Peserta didik melakukan do�a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do�a)
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.      Guru mengaitkan materi mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat yang diajarkan dengan kehidupan nyata
4.      Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya yang didapat ketika SD.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang   lingkup   materi,   tujuan,   manfaat,   langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
10 menit
Inti
Langkah 1. Stimulation (Stimulasi/Pemberian rangsangan
1.      Guru bertanya mencari informasi tentang mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat
2.      Guru  meminta  peserta  didik  untuk  membentuk kelompok menjadi 6 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
3.      Guru memberikan lembar kerja (LK yang berisi petunjuk  untuk  menemukan  dan  mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
4.      Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana  cara  menemukan urutan serta membandingkna bilangan bulat positif dan negatif dengan LK memotivasi/ mendorong peserta didik untuk menemukannya

(sumber : pendidikan.abi-blog.com)
           
Langkah 2. Problem Statement (Identifikasi masalah)
5.      Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
6.      Peserta didik melakukan mengidentifikasi dan menganalisis LK yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK

Langkah 3. Mengumpulkan Data dan Pengolahan  Data
7.      Peserta didik dalam kelompok melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
8.      Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan permasalahan yang berbeda
9.      Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama dengan menggunakan model peraga lain untuk membuktikan tentang mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif          
10.  Setelah  diskusi  selesai,  beberapa  perwakilan kelompok  menyajikan  secara  tertulis  dan  lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan           

Langkah 5. Pembuktian
11.  Guru membimbing siswa untuk mengecek kembali hasil pengamatannya.
12.  Peserta  didik  memeriksa  secara  cermat  untuk membuktikan   benar   atau   tidaknya   tentang langkah-langkah dalam mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
13.  Guru  memberikan  kesempatan  kepada  peserta didik  untuk  menemukan  konsep,  teori,  aturan melalui  contoh-contoh  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Berdasarkan  hasil  percobaan,  pengolahan dan analisis data, peserta didik dapat mengecek hipotesis  yang  diajukan  apakah  terbukti  atau tidak.
14.  Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan  dengan  membuat  kesimpulan dari  hasil  penemuan  dalam  hasil  pembuktian tentang  mengurutkan serta membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
15.  Guru  dan  peserta  didik  memberikan  tanggapan hasil  presentasi  meliputi  tanya  jawab  untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
50 menit
Penutup
1.    Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
2.    Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.    Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
4.    Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
5.    Melaksanakan  postes  terkait  tentang  mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat positif dan negatif
6.    Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.    Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  dipelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi terkait materi  yang           telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
8.    Guru memberikan tugas
20 menit
Penugasan:
1.      Diketahui bilangan C dan D adalah bilangan bulat negatif. Bilangan C tersusun dari 3 angka, sedangkan bilangan D tersusun dari 4 angka. Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan.
2.      Diketahui bilangan A dan B adalah bilangan bulat positif. Bilangan A dan B sama-sama tersusun dari 4 angka. Bagaimanakan langkahmu untuk menentukan bilangan yang lebih besar? Jelaskan.

H.    Penilaian
1.    Teknik penilaian
a.       Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Jurnal
terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
2.
Penilaian
diri

terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran

3.
Penilaian
antar teman

terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran


b.    Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Jurnal
terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
2.
Penilaian
diri

terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
3.
Penilaian
antar teman

terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran


c.    Pengetahuan

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk
pembelajaran

2.
Penugasan
Pertanyaan dan/atau
tugas tertulis
berbentuk esei,
pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian sebagai
pembelajaran
Penilaian untuk
pembelajaran
dan
sebagai
pembelajaran
3.
Tertulis
Pertanyaan dan/atau
tugas tertulis
berbentuk esei,
pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian
pencapaian
pembelajaran

4.
Portofolio
Sampel pekerjaan
terbaik hasil dari
penugasan atau tes
tertulis

Saat
pembelajaran
usai
Data untuk
penulisan deskripsi
pencapaian
pengetahuan


d.      Keterampilan

No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Praktik
Tugas
(keterampilan)
terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung dan/atau setelah usai
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
2.
Produk
Tugas
(keterampilan)
terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung dan/atau setelah usai
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
3.
Proyek
Tugas besar
terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk,
sebagai, dan
pencapaian
pembelajaran
4.
Portofolio
Sampel pekerjaan
terbaik hasil dari
penugasan atau tes
tertulis

Saat
pembelajaran
usai
Penilaian untuk
pembelajaran dan
sebagai data untuk
penulisan deskripsi
pencapaian
keterampilan


2.    Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
o  pembelajaran ulang
o  bimbingan perorangan
o  belajar kelompok
o  pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

3.    Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu



( Assuadi, S.Pd )
NIP : 19690305 200604 1003

Bayu,                          20
Guru Mapel



( Marzuki, S.Pd )
NIP :

______________________________________________________________________
DOWNLOAD FILENYA DISINI
______________________________________________________________________